Strategi Marketing Informasi Produk UMKM melalui Pemanfaatan Media Sosial untuk Memperluas Gerak Distribusi Produk oleh Mahasiswa KKN UNDIP 2022
Ngrendeng (11/01) Pandemi Covid-19 telah membawa dampak yang cukup serius pada laju perkembangan perekonomian masyarakat Indonesia khususnya di wilayah Kabupaten Tulungagung. Perekonomian telah turun drastis setalah adanya pembatasan sosial yang telah berlaku selama dua tahun ini. UMKM mengalami penurunan pendapatan dan omset selama pandemi karena kendala keuangan yang mana banyak orang yang berhenti bekerja dan tidak memiliki penghasilan. Selain itu, kurangnya minat dan ketertarikan konsumen dengan produk serta kurangnya pemasaran produk juga menjadi faktor lain yang memicu penurunan omset.
Kondisi ekonomi, khususnya pada bidang Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Desa Ngrendeng menjadi permasalahan yang diperhatikan mahasiswa KKN UNDIP 2022. Masyarakat desa memiliki sebuah komunitas yang beranggotakan ibu-ibu atau perempuan dewasa Desa Ngrendeng. Komunitas tersebut dikenal dengan Komunitas Bank Sampah Aghisna. Komunitas ini memiliki daya kreativitas yang tinggi dalam membuat suatu produk. Produk yang dihasilkan memanfaatkan dari limbah kain perca untuk dijadikan barang atau produk yang berkualitas dan dapat diperjualkan. Namun, permasalahan yang ada adalah pemasaran produk yang belum luas sehingga, produk tersebut kurang diketahui oleh orang lain atau konsumen.
Mahasiswa KKN UNDIP Tim I UNDIP menyampaikan gagasannya melalui program yang sudah direncanakan. Setelah mendapatkan izin atas musyawarah bersama dengan Komunitas Bank Sampah Aghisna, mahasiswa langsung menindaklanjuti hal permasalahan yang sedang dihadapi.
Mahasiswa KKN UNDIP mensosialisasikan terkait strategi marketing informasi produk untuk memperluas gerak distribusi produk melalui media sosial Instagram kepada Komunitas Bank Sampah Aghisna. Selain itu, mahasiswa KKN UNDIP juga menyampaikan hal yang perlu diperhatikan lagi adalah pada kemasan produk tanpa logo. Mahasiswa KKN UNDIP mendapat persetujuan dari komunitas dan berhasil membuat logo produk yang sesuai permintaan komunitas. Adanya logo atau label pada kemasan produk mampu menarik perhatian dan kepercayaan konsumen terhadap produk yang dibeli.
Sebagai output program, mahasiswa KKN UNDIP 2022 telah membuat akun Instagram produk Komunitas Bank Sampah Aghisna yaitu Maggot BSF by BSA (@maggotbsa.id) dan Hanifa – Hand craft made in Fatayat (@hanifacraft.id) sekaligus telah membuat sticker logo untuk label produk.
Penulis : Imroatul Anisa
Dosen Pembimbing Lapangan: Rabith Jihan Amaruli, S.S., M.Hum.