Siaga Covid! Mahasiswa Latih Warga Untuk Membuat Hand Sanitizer Sendiri

Kelurahan Pudakpayung, Kota Semarang (08/02/2022) – Pandemi Covid-19 sudah melanda Indonesia selama lebih dari 1.5 Tahun. Hingga saat ini masih banyak kasus positif di indonesia. Penerapan protokol kesehatan terus dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Tetapi, banyak masyarakat yang belum menerapkan protokol kesehatan. Selain didasari oleh ketidak sadaran atas bahaya covid-19, hal ini juga dapat disebabkan oleh ketidak mampuan masyarakat dalam membeli masker medis dan hand sanitizer.

Pelatihan Pembuatan Hand Sanitizer Berbahan Lidah Buaya

Pelatihan dilakukan di salah satu Rumah Warga dikarenakan kondisi cuaca yang tidak memungkinkan untuk pelaksanaan secara outdoor. Pelatihan ini dihadiri oleh 3 warga yang sangat antusias untuk mempelajari cara membuat hand sanitizer berbahan baku lidah buaya. Pembuatan hand sanitizer lidah buaya caranya cukup sederhana dan pasti bisa dilakukan oleh semua orang. Berikut adalah caranya:

Tanaman Lidah Buaya Di Wilayah RT 01/RW 01 Pudakpayung

Bahan yang dibutuhkan:

  • ¼ gelas gel aloe vera.
  • Alkohol 70% sebanyak 160 ml.
  • Sekitar 10 tetes minyak esensial tea tree.
  • Sekitar 10 tetes essential oil beraroma lavender.
  • Botol spray kecil.
  • ½ sdt minyak vitamin E.

Cara pembuatan:

  1. Campur gel aloe vera, minyak vitamin E, dan alkohol ke dalam wadah.
  2. Teteskan minyak esensial.
  3. Masukkan bahan tersebut pada botol kecil menggunakan pipet.
  4. Lalu, kocok botol setiap kali ingin digunakan.

Setelah kegiatan ini selesai, penulis membagikan hand sanitizer yang sudah dibuat beserta masker medis ke masyarakat sekitar yang membutuhkan. Harapannya kegiatan ini dapat membantu masyarakat sekitar dalam menegakkan protokol kesehatan guna memutus rantai penyebaran COVID-19.

Penulis : Firsta Adi Pradana (21120118130059)