Mahasiswa KKN Undip Lakukan Edukasi Pada Masyarakat tentang Kiat-Kiat Mengatasi Stres Akibat Pandemi Covid-19

Sosialisasi di Kelurahan Brumbungan (Sumber: Dokumentasi Pribadi)

Sudah hampir 2 (dua) tahun pandemi covid-19 melanda Indonesia bahkan dunia. Banyak hal-hal yang akhirnya berubah dan memaksa orang-orang untuk beradaptasi dengan keadaan saat ini. Pada awal masa pandemi Covid-19, banyak orang mengalami stres dan depresi karena perubahan yang tiba-tiba dalam kehidupan sehari-hari. Meski begitu seiring berjalannya waktu stres tersebut mulai berkurang atau sudah tidak dialami. Namun, beberapa orang justru megalami stres baru karena kondisi pandemi yang tidak kunjung usai menurut Tashandra dan Nabilla (2020).

Pandemi memang bukan hanya merubah kondisi dan situasi saat ini, tetapi merubah tekanan psikologis dan fisik seseorang ketika menghadapi masalah. Dari permasalahan tersebut Elda Husnul Fitriana mahasiswa Program Studi Ilmu Perpustakaan yang sedang majalankan KKN di wilayah Kelurahan Brumbungan tergerak untuk membuat suatu program yang akan mengedukasi masyarakat tentang kiat-kiat dalam menghadapi stres akibat pandemi. Harapannya dengan program ini masyarakat Kelurahan Brumbungan lebih peduli lagi bukan hanya dengan kesehatan jasmani namun juga kesehatan rohaninnya. Sebab kesehatan rohani sangat berhubungan erat dengan kesehatan fisik seseorang.

Adapun program kerja tersebut dilaksanakan pada Senin, 17 Januari 2022 di Balai Kelurahan Brumbungan. Kegiataan sosialisasi oleh mahasiswa KKN Undip tentang kiat-kiat mengatasi stres akibat pandemi covid-19 dilaksanakan bersamaan dengan acara musyawarah kelurahan dengan pesertanya masyarakat Kelurahan Brumbungan termasuk di dalamnya ketua RT/RW. Kegiatan berjalan dengan baik dan lancar serta mendapatkan respon positif dari masyarakat. Tantangan dalam program tersebut yakni terlalu derasnya arus informasi tentang pandemi covid-19 yang diterima masyarakat yang menambah beban pikiran masyarakat.

Lima tips untuk menghindari stres di masa pandemi covid-19 yang diberikan meliputi:

  1. Mencari sisi positif
  2. Tetap bersyukur
  3. Istirahat dari membaca/menonton berita
  4. Fokus pada jangka pendek
  5. Olahraga teratur/menjalankan hobi
Poster kiat-kiat mengatasi stres akibat pandemi covid-19 (Sumber: Dokumen Pribadi
Penempelan poster (Sumber: Dokumentasi Pribadi)

Penulis: Elda Husnul Fitriana

DPL: Ocid Mursid, ST. MT