Antisipasi Kejadian Pasar Johar, Mahasiswa UNDIP Edukasi Alat Pemadam Api Ringan ke Masyarakat Gisikdrono

Gisikdrono,Semarang Barat (12/01/2022) – Seorang Mahasiswa Undip Jurusan S1 Teknik Perkapalan bernama Haryo Anandhito, memberikan pembelajaran dan edukasi tentang bahaya kebakaran  dan penggunaan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) kepada warga ibu-ibu RW 01 dan pedagang kaki lima di Kelurahan Gisikdrono. 

Kegiatan ini merupakan rangkaian dari kegiatan Kuliah Kerja Nyata Universitas Diponegoro yang yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena menyesuaikan dengan keadaan pandemi COVID-19. Tema kegiatan Kuliah Kerja Nyata, atau disingkat KKN, ini adalah “Pemberdayaan Masyarakat Menuju Pasca Pandemi Covid-19 Berbasis SDG’s”. Dimana Mahasiswa melaksanakan kegiatan di lingkungan sekitar Mahasiswa berada, baik itu di kampung halaman sendiri atau tidak, untuk mengurangi penyebaran COVID-19.

Kegiatan KKN berjalan mulai dari tanggal 05 Januari 2022 sampai dengan 15 Februari 2022. Kegiatan pembelajaran sendiri telah berjalan pada tanggal 12 Januari 2022. Tujuan dari kegiatan pembelajaran ini adalah untuk memberikan pengetahuan tentang kelas atau golongan kebakaran, jenis-jenis APAR, cara penggunaan APAR, dan pemberian APAR di POSKAMLING RW 01 Kelurahan Gisikdrono. 

Alasan mahasiswa mengangkat tema ini adalah terjadinya kebakaran di pasar johar dan penggunaan saluran gas bumi yang diadakan oleh PGN di RW 01 Desa Gisikdrono, Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang menyebabkan perlu diadakannya edukasi penggunaan APAR . 

Edukasi ini akan menjelaskan bahwa pentingnya penanggulangan dan cara penanganan utamanya jika terjadi kebakaran skala kecil agar tidak menjadi besar yang berefek pada kerugian yang besar di rumah-rumah warga dan lingkungan RW 01 Desa Gisikdrono. 

Oleh karena itu, warga desa Gisikdrono perlu mengetahui cara penggunaan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) jika terjadi kebakaran agar tidak menjadi besar sehingga tidak perlu sampai melibatkan pemadam kebakaran.

Pada saat proses pemberian edukasi, Ibu-ibu RW 01 Gisikdrono dan pedagang kaki lima di lingkungan Gisikdrono menerima dengan positif. Sangat diharapkan ibu-ibu RW 01 Gisikdrono dan pedagang kaki lima  lebih waspada dan paham dalam menggunakan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) sesuai golongan kebakaran yang terjadi.

Penulis : Haryo Anandhito – (Fakultas TeknikTeknik Perkapalan)

Dosen Pembimbing Lapangan :  Dra. Puji Astuti, M.Si

Loksai KKN : RW 01, Kelurahan Gisikdrono, Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang

KKN TIM 1 UNDIP 2021/2022