Bantu Lariskan Bisnis Rumahan, Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro Beri Edukasi Mengenai Digital Marketing

Presentasi Program Kerja 1 KKN

Bekasi, Jakasetia (06/02) – Universitas Diponegoro menerjunkan mahasiswa setiap tahunnya dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata atau yang kerap disebut dengan KKN. Namun, pada tahun ini, Universitas Diponegoro mengadakan kegiatan KKN dengan cara yang berbeda di tahun sebelumnya, yakni secara daring. Hal ini disebabkan oleh belum hilangnya pandemic COVID-19 yang telah melanda Indonesia sejak tahun 2020. Maka dari itu, KKN pada tahun ini dilaksanakan secara individu dan dilaksanakan di wilayah sesuai dengan domisili masing-masing mahasiswa.

Tema KKN Universitas Diponegoro yang dilaksanakan pada tahun ini berjudul “Pemberdayaan Masyarakat Menuju Pasca Pandemi COVID-19 Berbasis SDGs”.

Menurut Kementrian Ketenagakerjaan (Kemnaker), sebanyak 29,4 juta orang terdampak pandemic COVID-19. Jumlah itu termasuk masyarakat yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), dirumahkan tanpa upah, hingga pengurangan jam kerja dan upah.

Nada Tsania Fitriasari selaku mahasiswa Universitas Diponegoro jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomika dan Bisnis Angkatan 2018, yang merupakan salah satu anggota dari Tim I Kuliah Kerja Nyata Universitas Diponegoro tahun 2022 telah menyelesaikan kegiatan program kerja KKN yang pertama, yang berlokasi di RT 006/14, Kelurahan Jakasetia, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi. Program kerja I KKN ini merupakan program yang mengacu pada pemberdayaan masyarakat di tengah pandemic COVID-19, yakni “Sosialisasi pada Masyarakat Mengenai Ilmu Kewirausahaan yang Mencakup Strategi Pemasaran Online dalam Menggunakan Media Sosial sebagai Sarana Berjualan”.

Sosialisasi Program Kerja II KKN kepada warga RT 006/014, Kelurahan Jakasetia, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi

Program edukasi ini membahas strategi pemasaran daring, atau yang biasa disebut dengan Digital Marketing dalam menggunakan media sosial sebagai salah satu sarana berjualan, yang dipaparkan menggunakan presentasi yang dirancang secara menarik dan informatif. Pelaksanaan program ini sejalan dengan salah satu tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) no. 8, yaitu Decent Work and Growth (Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi).

Program sosialisasi dilaksanakan selama 1 hari. Pada hari Sabtu (22/01), mahasiswa Universitas Diponegoro melakukan sosialisasi secara daring melalui Zoom kepada warga RT 006/014 Kelurahan Jakasetia. Presentasi yang dipaparkan berisi pengantar mengenai bisnis online, pengenalan media sosial yang dapat digunakan sebagai sarana berjualan online, serba berbagai strategi pemasaran yang dapat diimplementasikan dalam melakukan bisnis online.

Pelaku bisnis rumahan di RT 006/014 Kelurahan Jakasetia didominasi oleh ibu rumah tangga dan remaja, yang memasarkan produknya melalui group di WhatsApp. Rata-rata group tersebut berisikan remaja serta perkumpulan ibu Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK).

Maka dari itu, program ini berencana untuk memberikan edukasi mengenai strategi pemasaran secara online kepada pelaku bisnis rumahan dan masyarakat setempat dengan Digital Marketing dan memanfaatkan media sosial sebagai salah satu sarana untuk dapat memperluas bisnis serta meningkatkan penjualan tanpa harus beraktivitas di luar rumah dan mencegah penyebaran virus COVID-19. Tak hanya itu, sosialisasi ini dapat membantu masyarakat untuk dapat bertahan di situasi sulit.

Penulis: Nada Tsania Fitriasari

Dosen Pembimbing: Dr. Ir. Eny Fuskhah, M.Si

Lokasi: Kelurahan Jakasetia, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi