Mahasiswa KKN Tim 1 Undip Melaksanakan Sosialisasi Optimalisasi Media Sosial Instagram Sebagai Media Promosi UMKM Di Wilayah Kelurahan Lamper Kidul

Semarang 02/02/2022 – Kemajuan industri teknologi informasi dan telekomunikasi yang semakin berkembang menjadikan hal tersebut berpengaruh terhadap sektor lainnya, tak terkecual sektor perdagangan, baik industri besar maupun usaha mikro kecil menengah. Proses perdagangan yang terjadi selama bertahun-tahun telah mengalami banyak perubahan khsusnya pada metode pemasaran. Pada zaman dahulu sebelum adanya kemajuan teknologi, para pelaku usaha melakukan cara promosi dari mulut ke mulut, seiring berjalannya waktu mereka memanfaatkan media cetak, hingga saat ini era kemajuan teknologi informasi dimana media digital menjadi alat yang dioptimalkan fungsinya dalam melakukan promosi.

Kondisi perekonomian Kota Semarang yang sudah baik perlu didukung pertumbuhannya dari bawah dengan mengoptimalkan usaha kecil mikro menengah. Mahasiswa KKN Tim 1 Undip 2021/2022 yang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata di wilayah Kelurahan Lamper Kidul memberikan edukasi bagaimana cara mengoptimalkan media sosial sebagai media promosi, mengingat terdapat banyak macam pelaku UMKM di Kelurahan Lamper Kidul, baik yang berjualan secara rumahan, membuka warung, bahkan berkeliling. Terlebih adanya keluhan dari pengurus organisasi yang menaungi UMKM mengenai kurangnya pemahaman digital membuat program edukasi ini sangat penting bagi para pelaku UMKM.

Program edukasi ini dilakukan dengan cara sosialisasi door to door dengan sasaran khusus para pelaku UMKM generasi muda yang ada pada wilayah Kelurahan Lamper Kidul. Anak muda merupakan generasi yang lebih adaptif terhadap teknologi, maka perlu mengoptimalkan penggunaan media sosial Instagram dengan baik, sehingga dapat membantu cara berbisnis mereka yang terbantu karena adanya media sosial Instagram. Media sosial Instagram sangat efektif dalam membantu promosi karena prosesnya yang cepat, mudah menjangkau berbagai kalangan, ditambah lagi dengan fiturseperti Instagram Shoping,  Instagram Ads, Link/Swipe Up pada Instagram Strories, dan lain lain. Dengan adanya program ini diharap para generasi muda pelaku UMKM di wilayah Lamper Kidul dapat memanfaatkan Instagram sebagai media promosi. Terlebih dengan banyaknya pengguna aktif instagram yakni 4,22 Miliar di dunia, 170 Juta di  Indonesia (data kuartal awal 2021) maka kesempatan produk anda dikenal oleh  banyak orang lebih besar.