Mahasiswa KKN Tim 1 UNDIP Mengedukasi Masyarakat Tentang Lingkungan Rumah yang Sehat

#kkntim1periode2022 #lpmmundip #undip #semarangutara #p2kknundip #Kotasemarang #pedulilindungi

Semarang Utara, Semarang (25/01/2022) – Lingkungan yang bersih dan sehat mampu mencegah berbagai penyakit yang berasal dari bakteri/virus. Masyarakat Kelurahan Kuningan masih banyak berpikir bahwa penyakit datangnya hanya dari luar rumah, padahal penyakit juga bisa datang dari dalam rumah jika rumah tersebut tidak sehat dan tidak sesuai dengan desain rumah sehat.

Maka dari itu mahasiswa Undip membuat video edukatif mengenai pentingnya mengenai desain rumah sehat dan pola hidup sehat. Selain salah satu upaya untuk mencegah penyebaran berbagai penyakit dapat juga meningkatkan daya tahan tubuh (imunitas) juga self monitoring dan agar tercapainya SDGs nomor 3 yaitu memastikan kehidupan yang sehat. Program ini juga diharapkan dapat membantu masyaratak dalam memahami rumah sehat demi mencegah penularan dari berbagai penyakit.

Cuplikan dari Video Edukatif Rumah Sehat

Video edukatif rumah sehat yang dikerjakan oleh mahasiswa KKN tersebut berisi tentang pengertian dan prinsip-prinsip mengenai rumah sehat. Kemudian disebarkan melalui sosial media dengan harapan agar informasi tersebut tersebar luas.

Penyebaran Video Edukatif Melalui Sosial Media

Penulis: Muhammad Rafi – FT UNDIP

Dosen Pembimbing: Nikie Astorina Yunita D, SKM., M.Kes

Lokasi Kegiatan: Kelurahan Kuningan, Kecamatan Semarang Utara