Pesisir Semarang Terkena Gelombang Besar? Oh Tidak Bisa! Karena Kelompok KKN Undip Tim I Melakukan Aksi Tanam Mangrove.

Mangunharjo, Semarang (9/2/2022) – Aksi penanaman pohon mangrove di daerah Pantai Mangunharjo dilakukan guna mempertahankan bagian pesisir di daerah Utara Semarang.

Mangrove memiliki banyak peran yang berbeda di wilayah pesisir, selain sebagai fungsi ekosistem mangrove juga berperan dalam proses perlindungan wilayah pesisir dari bencana alam dan memiliki nilai ekonomi masyarakat melalui keberadaannya. Selain berfungsi sebagai kawasan perlindungan ikan dan penyedia jasa ekosistem mangrove, juga memiliki peran regulasi, yaitu menjaga ketahanan garis pantai terhadap gelombang.

Fungsi mangrove merupakan bagian dari upaya mitigasi bencana yang terjadi di wilayah pesisir. Kelurahan Mangunharjo merupakan wilayah pesisir yang merupakan wilayah rawan bencana di wilayah pesisir tergantung pada keberadaan jenis tumbuhan yang dipertahankan, mangrove berperan sebagai pelindung wilayah pesisir segera setelah air laut menerjang, masuk dan ombak besar.

Aksi Tanam Mangrove di daerah Pantai Mangunharjo

Hal ini dilakukan oleh Bagas, salah satu mahasiswa KKN Undip di daerah Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Tugu, Kota Semarang

Penanaman pohon mangrove sangat memiliki banyak manfaat terutama di daerah pesisir karna dapat menahan besarnya gelombang laut dan menjaga ekosistem. Banyak hewan yang berlindung dan tinggal di daerah pohon mangrove, ujar Bagas.

Pentingnya menjaga kehidupan pohon mangrove membuat kita sebagai manusia harus selalu mempertahankan segala macam makhluk hidup dan tidak serakah dalam mengonsumsinya.

Penulis : Bagastya Prawira Yuda, Mahasiswa Program Studi Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Diponegoro TIM KKN I 2021/2022.

DPL       : Ojo Kurdi, S.T., M.T., Ph.D.

KKN Tim I Universitas Diponegoro Tahun 2021/2022

#KKNtimIperiode2022

#p2kkundip    

#lppmundip   

#undip           

#Potensidesa