Masa Pandemi Belum Usai, Mahasiswa KKN UNDIP Lakukan Kegiatan Peningkatan Kepatuhan Protokol Kesehatan Serta Kewaspadaan Bahaya Narkoba

Kegiatan Edukasi Mengenai COVID-19 dan Narkoba

Kabupaten Magelang (09/02/2022) – Sejak akhir Desember 2019, wabah virus corona dilaporkan di Wuhan, Cina, yang kemudian mempengaruhi beberapa negara di seluruh dunia, termasuk Indonesia. WHO mengumumkan adanya nama-nama baru varian virus corona SARS-CoV-2 yang terdeteksi di berbagai negara. Saat ini varian baru yang sedang terdeteksi yaitu virus corona varian Omicron yang merupakan jenis virus corona yang ditemukan setelah varian Delta. Varian Omicron pertama kali muncul pada tanggal 26 November 2021 di Afrika Selatan dan varian ini sudah ditemukan di berbagai negara termasuk Indonesia. Penyebaran varian Omicron terbukti sangat cepat penularannya dan mengancam nyawa manusia khususnya bagi yang belum divaksinasi, lanjut usia dan orang-orang yang memiliki kormobid atau penyakit bawaan. Dimasa pandemi COVID-19 ini tidak menurunkan upaya para bandar dan sindikat narkoba untuk melakukan pengedaran narkoba di masyarakat. Di Desa Karanganyar khususnya Dusun Banjaran 1 yang memiliki potensi wisata bisa menjadi peluang untuk peredaran dan penyalahgunaan narkoba serta dapat mempengaruhi generasi muda untuk menjadi pengedar narkoba.

Melihat kondisi tersebut, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro membuat sebuah kegiatan Peningkatan Kepatuhan Terhadap Protokol  Kesehatan Dan Kewaspadaan Narkoba Di Masa Pandemi pada tanggal 18 Januari 2022di Sekretariat Kampung KB Dusun Banjaran 1, Desa Karanganyar, Kecamatan Borobudur. Kegiatan ini ditujukkan untuk pengurus kampung KB dan pemuda-pemudi Dusun Banjaran 1.

Kegiatan edukasiĀ ini diiringi dengan membagikan leafet serta video terkait COVID-19 dan Narkoba. Leaflet dan video COVID-19 mengenai varian Omicron yang berisi definisi, perbedaan omicron dan delta, gejala, cara pencegahan, serta persiapan vaksinasi COVID-19 pada anak sedangkan leaflet dan video Narkoba berisi tentang definisi, jenis-jenis, dampak, ciri-ciri dan cara pencegahannya. Selain itu, Mahasiswa KKN juga melakukan penempelan poster di beberapa tempat diantaranya Balkondes Desa Karanganyar, toko sembako bu Yayuk, TIC (Tourism Information Center) Dusun Banjaran 1, Balai Desa Karanganyar, dan Sekretariat Kampung KB.

Leaflet dan Poster Edukasi COVID-19 dan Narkoba
Video COVID-19 dan Narkoba
(https://youtu.be/lr3fK6iM0fw dan https://youtu.be/x56KQeRQfro)
Penempelan Poster Edukasi COVID-19 dan Narkoba

Program ini mendapatkan respon yang positif dari masyarakat. Dengan adanya kegiatan edukasi Peningkatan Kepatuhan Terhadap Protokol  Kesehatan dan Kewaspadaan Narkoba di Masa Pandemi, masyarakat dapat memperoleh ilmu yang bermanfaat dan diharapkan masyarakat dapat menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan menjauhkan diri dari narkoba agar lingkungan keluarga dan sekitarnya terjaga dengan aman dan sehat.

Penulis          : Angel Marcellia Yusti

DPL              : Dr. Ir. Suzanna Ratih Sari, MM, MA