KENALKAN TEKNOLOGI, MAHASISWA KKN UNDIP GELAR PELATIHAN KOMPUTER DAN MEMBUAT ALAT HAND SANITIZER OTOMATIS UNTUK SISWA SD

Cilacap (10/02) Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro berlangsung dari 5 Januari – 15 Februari 2022 dengan mengusung tema Pemberdayaan Masyarakat Menuju Pasca Pandemi Covid-19 Berbasis SGD’s.

Kegiatan KKN ini dilaksanakan di daerah domisili masing-masing mahasiswa dan dilaksanakan dengan protokol Kesehatan lengkap guna menghindari penyebaran virus covid-19. Selain terfokus untuk selalu memperhatikan Kesehatan, pada KKN Undip Gelombang 1 ini juga memperhatikan bidang SGD’s.

Salah satu kegiatan yang dilaksanakan mahasiswa KKN undip yang bertempat di Desa Matenggeng Kecamatan Dayeuhluhur adalah menggelar pelatihan komputer serta membuat alat handsanitizer otomatis untuk siswa SD di SDN Matenggeng 1.

Dalam kegiatan yang dilaksanakan di hari terpisah ini, mahasiswa melakukan pelatihan langsung dimana siswa dapat mencoba dan mengoprasikan komputer didampingi peserta KKN.

Pelatihan komputer ini dirasa perlu untuk siswa dikarenakan mode pembelajaran daring yang pada masa pandemi ini sering dilaksanakan. Digitalisasi pendidikan harus juga dibarengi dengan pemahaman siswa tentang teknologi terutama komputer agar proses pendidikan dapat berjalan dengan baik.

Siswa SD Matenggeng 1 antusias mengikuti pelatihan ini dan mendapatkan banyak pengetahuan baru tentang komputer dan pengoprasian komputer. Dalam pelatihan komputer ini, siswa SD dikenalkan dengan komputer, komponen komputer serta cara penggunaan komputer. Diajarkan juga bagaimana pengoprasian komputer mulai dari komputer dinyalakan, menjalankan program, mengetik, dan menghentikan program sampai mematikan komputer.

Selain pelatihan komputer dimana siswa dikenalkan dengan teknologi, siswa juga di berikan alat handsanitizer otomatis. Alat hansanitizer otomatis ini mampu beroprasi tanpa kontak fisik dan bekerja secara otomatis sehingga dapat menarik minat siswa untuk menggunakannya dan mencuci tangan.

Harapannya, dengan adanya alat ini kebiasaan cuci tangan menjadi melekat pada siswa. Penggunaan dan perawatan alat pun dijelaskan oleh mahasiswa KKN Undip agar alat handsanitizer dapat digunakan lebih maksimal.