Pendampingan Masyarakat melalui Edukasi Rumah SiLir (Rumah dengan Sirkulasi Mengalir) Adaptif Covid-19 oleh Mahasiswa KKN Undip

Bandarjo, Ungaran (10/2) – Kuliah Kerja Nyata atau KKN Tim 1 Undip Tahun 2021/2022 yang berlangsung dari tanggal 5 Januari 2022 hingga 15 Februari 2022 dilaksanakan di domisili masing-masing mahasiswa dikarenakan masih dalam masa pandemi. Pada masa pandemi seperti sekarang ini, hampir semua kegiatan dilakukan di dalam rumah saja. Oleh karena itu, rumah sehat sangat diperlukan untuk mengurangi resiko terjadinya penyakit.

Sirkulasi yang baik merupakan salah satu contoh dari Rumah Sehat. Pendampingan masyarakat mengenai hal itu perlu dilakukan dengan melakukan edukasi tentang Rumah SiLir yaitu singkatan dari Rumah dengan Sirkulasi Mengalir Adaptif Covid-19. Banyak warga RT 002/RW 008 Kelurahan Bandarjo yang belum menyadari betapa bermanfaatnya sirkulasi pada sebuah rumah untuk menciptakan rumah sehat di tengah-tengah masa pandemi seperti saat ini.

Edukasi dilakukan secara door to door melalui media brosur untuk memudahkan pemahaman masyarakat RT 002/RW 008 Kelurahan Bandarjo. Diharapkan pendampingan tersebut dapat menambah wawasan serta memberikan kesadaran akan pentingnya sirkulasi yang baik pada rumah tinggal.

Edukasi Rumah SiLir

Penulis: Fadila Azzahra H.S. (Fakultas Teknik – Arsitektur 2018)

Dosen Pembimbing Lapangan: Ari Wibawa Budi Santosa, S.T., M.Si.