Sosialisasi “CERDIK dan Kegiatan “RASABAR” Gerakan Senam Bersama, cara Mahasiswi KKN tim 1 Undip ajak PKK Desa untuk cegah Penyakit Tidak Menular

WONOGIRI – Penyakit tidak menular (PTM) merupakan permasalahan kesehatan yang menyebabkan angka morbiditas dan mortalitas yang tinggi di Indonesia. Sebanyak 73% kematian di Indonesia disebabkan oleh PTM. Menurut profil Desa Gedong 2021, ada beberapa kejadian penyakit tidak menular di Desa Gedong, yaitu penyakit jantung, kanker, paru-paru, dan diabetes mellitus. Hal ini disebabkan oleh perubahan pola hidup masyarakat yang menjadi tidak sehat. Faktor risiko PTM bersifat multifaktorial dan dapat dikendalikan. Ini menjadi peluang keberhasilan pencegahan PTM dapat diupayakan. Anindita Prajaningrum, mahasiswi KKN Tim 1 Undip mencoba membantu peningkatan pengetahuan dan praktik masyarakat untuk pencegahan PTM dengan sosialisasi CERDIK dan Gerakan Senam Bersama (RASABAR).

Program kerja sosialisasi perilaku “CERDIK” Sebagai Upaya Pencegahan Penyakit Tidak Menular telah dilaksanakan pada Senin (31/01) di Aula Balai Desa Gedong. Sosialisasi ini dihadiri oleh 17 ibu PKK. Selain itu, 9 orang Kadus berkenan mendampingi acara ini. CERDIK merupakan singkatan dari Cek kesehatan secara berkala, Enyahkan asap rokok, Rajin aktifitas fisik, Diet sehat dengan kalori seimbang, Istirahat cukup, dan Kelola stress. CERDIK merupakan strategi pemerintah agar masyarakat memiliki kesadaran dan kemauan untu melakukan pencegahan PTM. Pencegahan PTM merupakan hal yang penting karena penyakit tidak menular itu tidak dapat disembuhkan. Pengobatan PTM dilakukan bukan untuk menyembuhkan melainkan untuk mengendalikan agar kondisi penderita tidak semakin parah” Ucap Anin Ketika sesi penyampaian materi.

Usai mendapat materi, Anin mengajak ibu-ibu PKK untuk senam bersama. Kegiatan “RASABAR” Gerakan Senam Bersama untuk Peningkatan Aktivitas Fisik Pencegahan PTM bertujuan untuk meningkatkan praktik salah satu komponen CERDIK yaitu aktivitas fisik. Program kerja Kegiatan “RASABAR” Gerakan Senam Bersama untuk Peningkatan Aktivitas Fisik Pencegahan PTM telah dilaksanakan pada Rabu, (9/02) di Polindes. Kegiatan ini dihadiri oleh 15 ibu-ibu PKK di Polindes Desa Gedong.

Dengan program ini, Anin berharap dapat membantu ibu-ibu meningkatkan aktivitas fisik yang sehat sehingga dapat mencapai kesehatan yang baik dan mendukung kesejahteraan keluarga. Dari keluarga yang sehat itu diharapkan tidak ada penambahan kejadian penyakit tidak menular di Desa Gedong.

Anindita Prajaningrum – Kesehatan Masyarakat Undip 2018
Dosen Pembimbing : Eva Annisa, S.Farm., Apt.
Desa Gedong, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Wonogiri
KKN TIM 1 UNDIP 2021/2022