Pentingnya Edukasi Bahaya narkoba Sejak Dini

Semarang (10/2) – Edukasi Bahaya Narkoba di Lingkungan SD sangat penting dilakukan untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan narkoba sejak dini. Lingkungan sekitar masyarakat yang ada di tengah masyarakat urban atau perkotaan yang banyak penduduk, pergaulan bebas, dan pengaruh lingkungan sekitar yang rawan terjadinya penyalahgunaan pemakaian narkotika serta obat-obatan terlarang. Penyaluran dan peredaran zat-zat dan obat-obatan terlarang sangat rawan dapat terjadi di lingkungan masyarakat perkotaan.

Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro 2022 berinisiatif untuk membuat program berupa edukasi kepada para pelajar SD agar lebih memahami bahaya narkoba, dapat mengantisipasi akan penyebaran dan penyaluran narkoba di lingkungan anak. Pengawasan dan juga pemantauan juga dilakukan dengan bekerja sama dengan karang tarna Kelurahan Terboyo Wetan untuk menjadi kader yang akan membantu pengawasan akan terjadinya kasus di lingkungan masyarakat serta tindakan lanjutan kepada kasus penyalahgunaan narkoba dengan pelaporan kepada pihak yang berwajib agar dapat ditindak sesuai hukum yang berlaku.

Dengan adanya program ini, diharapkan masyarakat di Kelurahan Terboyo Wetan lebih dapat menghindari bahaya narkoba serta menciptakan lingkungan yang bersih, sehat, aman, dan memiliki pemuda yang berkualitas dengan menjauhi narkoba.

Penulis : Ichtiarwan Dwi Ramadanu — Fisika —  FSM UNDIP 2018
Dosen Pembimbing : Dr. Ir. Martini., M.Kes
Kelurahan Terboyo Wetan, Kecamatan Genuk, Kota Semarang
KKN TIM I UNDIP 2021/2022

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *