HADAPI ERA DIGITAL SAAT PANDEMI MAHASISWA UNDIP MELAKUKAN SOSIALISASI DIGITAL MARKETING DAN APLIKASI PENCATATAN KAS BUKU WARUNG KEPADA UMKM DI KELURAHAN SIDANEGARA KABUPATEN CILACAP
Sidanegara, Cilacap (27/1/2022). UMKM atau Usaha Mikro Kecil Menengah merupakan salah satu bisnis berukuran kecil yang biasanya dijalankan oleh sekelompok orang atau secara individu. UMKM memiliki peran penting dalam perekomian negara khususnya di masa pandemi COVID-19 saat ini dan juga memiliki peran penting dalam pembangunan berkelanjutan (SDG’S) di Indonesia. Dengan adanya UMKM maka mampu menyerap tenaga kerja, munculnya inovasi bisnis, hingga pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Namun dari beberapa peran penting tersebut, masih ada beberapa UMKM yang masih belum terjamah akan kemajuan teknologi sehingga kegiatan bisnis belum berjalan secara efisien dan efektif.
Dari peristiwa tersebut mahasiswa KKN UNDIP melakukan sosialisasi kepada beberapa UMKM untuk melaksanakan digital marketing atau pemasaran online dan pencatatan Buku Kas secara digital melalui aplikasi BukuWarung.
Tujuan program ini yaitu agar UMKM dapat melakukan ekspansi pasar yang lebih luas melalui berbagai media seperti media sosial maupun marketplace, serta dari pengenalan aplikasi BukuWarung diharapkan UMKM dapat mencatat berbagai transaksi yang dilakukan secara digital menggunakan smartphone tanpa harus repot membawa buku.
Dari sosialisasi yang dilakukan, UMKM berterimakasih karena sudah diberikan pengetahuan yang bermanfaat untuk usaha bisnisnya.
Penulis : Muhammad Dhiaulhaq Shidqi (S1-Administrasi Bisnis/FISIP/UNDIP)
DPL : Nurhasmadiar Nandini, S.KM,. M.Kes.
Lokasi : Kelurahan Sidnegara RW XIV, Kecamatan Cilacap Tengah, Kabupaten Cilacap