ARTIS-ARTIS MUDA MULAI TERJERUMUS MASALAH NARKOBA! MAHASISWA KKN TIM 1 UNDIP PERINGATKAN BAHAYA DARI NARKOBA

Semarang (04/02/2022) – Narkotika dan obat-obatan atau sering disebut Narkoba merupakan zat atau obat baik yang bersifat alamiah, sintetis, maupun semi sintetis yang menimbulkan efek penurunan kesadaran, halusinasi, serta daya rangsang. Obat-obatan tersebut dapat menimbulkan kecanduan jika pemakaiannya berlebihan. Pemanfaatan dari zat-zat itu adalah sebagai obat penghilang nyeri serta memberikan ketenangan. Penyalahgunaannya bisa terkena sanksi hukum.

Seperti belati bermata dua, narkoba menjadi zat yang bisa memberikan manfaat dan juga merusak kesehatan. Seperti yang sudah diketahui, ada beberapa jenis obat-obatan yang termasuk ke dalam jenis narkoba yang digunakan untuk proses penyembuhan karena efeknya yang bisa menenangkan. Namun jika dipakai dalam dosis yang berlebih, bisa menyebabkan masalah kesehatan, kecanduan, gangguan mental, atau yang paling parahnya adalah kematian.

Akhir-akhir ini sering didapati selebriti dan influencer yang tepergok menggunakan narkoba. Terlepas dari alas an individu menggunakan narkoba, penyalahgunaan narkoba tetaplah sesuatu hal yang merusak diri dan melanggar hukum. Hal tersebut dapat mempengaruhi pemikiran orang-orang untuk mengikuti prilaku dari selebriti dan influencer tersebut.

Dari permasalahan tersebut munculah sebuah ide untuk membuat kegiatan edukasi mengenai cara pencegahan dan bahaya dari narkoba. Dikarenakan pada Kelurahan Kramas hanya terdapat SD dan mengingat umur siswa SD yang masih sangat muda, maka diputuskan untuk lebih memilih karang taruna sebagai targetnya. Dan dikarenakan kondisi COVID varian omicron sedang meningkat maka tidak diperbolehkan untuk melakukan kegiatan yang mengumpulkan massa yang banyak.

Kegiatan ini diawali dengan diskusi bersama ketua karang taruna sebagai kader anti-narkoba. Edukasi membahas mengenai pengertian, bahaya, cara mengobati, dan lain-lain. Lalu kegiatan ditutup dengan pemberian poster anti narkoba kepada ketua karang taruna. Keesokan harinya ketua karang taruna menyebarkan informasi tersebut kepada anggota karang taruna dan masyarakat lainnya serta memasang poster anti narkoba di tempat berkumpul karang taruna. Lalu keesokan harinya lagi dilakukan kampanye anti narkoba dengan memasang poster-poster anti narkoba di berbagai titik papan pengumuman atau mading yang ada di Kelurahan Kramas.

Dari edukasi dan kampanye anti narkoba yang telah diberikan diharapkan agar masyarakat dapat mengetahui lebih dalam mengenai narkoba baik itu bahaya, cara penanganan, dan lain-lain serta masyarakat terutama karang taruna dapat menyebarkan informasi tersebut agar bermanfaat bagi masyarakat luas.

Penulis : Akbar Falih Husodo

DPL : Daud Samsudewa, SPt, M.Si, Ph.D.