NARKOBA PENGHANCUR MASA DEPAN! MAHASISWA KKN UNDIP TIM I 2022 SOSIALISASIKAN DAMPAK PENYALAHGUNAAN NARKOBA PADA USIA REMAJA

Semarang (03/01/2022), Mahasiswa KKN TIM I Universitas Diponegoro melaksanakan kegiatan sosialisasi sebagai program anti narkoba mengenai Dampak Penyalahgunaan Narkoba kepada Karang Taruna Kelurahan Jomblang, Kecamatan Candisari, Kota Semarang.

Badan Narkotika Nasional (BNN) menyebutkan, penyalahgunaan narkotika di kalangan remaja makin meningkat. Di mana ada peningkatan sebesar 24 hingga 28 persen remaja yang menggunakan narkotika. Kalangan remaja yang terpapar narkotika lebih rentan sebagai pengguna jangka panjang. Sebab, mereka memiliki waktu yang cukup panjang dalam mengkonsumsi narkoba.

Masyarakat di daerah Kelurahan Jomblang memiliki variasi usia yang majemuk. Karang Taruna di Kelurahan Jomblang juga cukup aktif dalam kegiatan – kegiatan di kelurahan. Penyalahgunaan narkoba menjadi perhatian khusus untuk masyarakat karena dampak yang ditimbulkan dari penyalahgunaan narkoba sangatlah merugikan bagi kesehatan dan kualitas hidup, terutama bagi remaja yang akan menjadi generasi penerus bangsa. Maka, Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro Tim I 2022 dengan bimbingan Bapak Ir. RTD Wisnu Broto M.T. yang berlokasi di Kelurahan Jomblang melaksanakan sosialisasi mengenai Dampak Penyalahgunaan Narkoba Pada Usia Remaha dengan targetnya yaitu remaja Karang Taruna Kelurahan Jomblang. Program ini juga telah disetujui oleh Bapak Yulistiono, S.E. selaku Kepala Kelurahan Jomblang dan Pelaksana Tugas Ketua Karang Taruna, Siddiq Pratomo.

Gambar 1. Pelaksanaan Program Anti Narkoba di Balai Kelurahan Jomblang.

Pelaksanaan sosialisasi ini dilaksanakan secara presentasi yang dilaksanakan di Balai Kelurahan Jomblang. Mahasiswa yang terlibat dalam program ini langsung menyampaikan materi yang telah didapat dengan masyarakat, yang dalam hal ini adalah Karang Taruna Kelurahan Jomblang. Siddiq Pratomo selaku Pelaksana Tugas Ketua Karang Taruna sangat terbuka dalam diskusi program anti narkoba ini dan menjadi hal yang sangat diperlukan bagi remaja Kelurahan Jomblang.

Gambar 2. Salah satu materi persentasi dampak penyalahgunaan narkoba.

Maka dari itu, diharapkan dengan adanya program ini, masyarakat dapat mengetahui dampak penyalahgunaan narkoba khususnya pada usia remaja. Selain itu, dimulai dari Karang Taruna yang merupakan organisasi remaja agar dapat membantu mengedukasi remaja dan memberantas tuntas penyebaran narkoba diwilayah Kelurahan Jomblang.

Penulis: Rafiq Darmawan, Mahasiswa Teknik Elektro, KKN Universitas Diponegoro Tim I 2022 Kelurahan Jomblang, Kota Semarang. Dosen Pembimbing Lapangan: Ir. RTD. Wisnu Broto M.T.