Peningkatan Kualitas Gizi Penghuni Panti Pelayanan Sosial ‘Mardi Utomo’ Semarang dengan Sosialisasi Peran Gizi Seimbang

Pelaksanaan Program Sosialisasi Gizi Seimbang

Tembalang (13/01/2022) – Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler Tim I periode 2021/2022 ini dilaksanakan sebagai salah satu bentuk kewajiban Mahasiswa/i Universitas Diponegoro dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi, khususnya pada aspek pengabdian masyarakat. Pelaksanaan KKN Tim I UNDIP kali ini diselenggarakan secara terbatas dengan memperhatikan protokol-protokol kesehatan yang berlaku, serta sesuai lokasi tempat tinggal masing-masing mahasiswa/i yang berpartisipasi dalam kegiatan ini. Hal tersebut ditetapkan dengan mempertimbangkan kondisi wabah pandemi COVID-19 yang belum kunjung usai dan masih adanya varian-varian baru yang terus-menerus bermunculan.

Penghuni Panti atau biasa disebut Penerima Manfaat (PM) di Panti Pelayanan Sosial PGOT ‘Mardi Utomo’ Semarang ini terdiri dari pengemis, gelandangan, dan orang terlantar dengan jumlah sekitar 110 orang. Berdasarkan hasil survey yang dilakukan oleh Mahasiswa/i KKN, dari sekian banyak PM yang bertempat tinggal disana belum memiliki cukup pengetahuan serta kesadaran mengenai pola konsumsi pangan yang sesuai dengan pedoman gizi seimbang, yang dimana sebenarnya menjadi salah satu faktor penting dalam menjaga kualitas gizi dan performa tubuh seseorang.

Steward Febrianto sebagai salah satu Mahasiswa KKN Reguler Tim I UNDIP pada periode kali ini memberikan sebuah sosialisasi terkait peran gizi seimbang. Hal tersebut mempertimbangkan kondisi sebenarnya dengan tujuan agar program sosialisasi peran gizi seimbang tersebut sekiranya dapat menjadi langkah awal maupun solusi dalam meningkatkan kesadaran terkait akan pentingnya gizi seimbang sebagai upaya peningkatan kualitas gizi PM.

“Program ini sangatlah relevan untuk diterapkan pada saat pandemi seperti ini, dikarenakan tubuh kita yang memerlukan asupan gizi baik untuk menjaga imunitas tubuh dalam menghadapi varian-varian COVID-19, serta pastinya juga dapat meningkatkan pemahaman akan pentingnya peran gizi seimbang sebagai salah satu upaya peningkatan kualitas gizi dan performa tubuh seseorang” Kata Steward Febrianto selaku Mahasiswa KKN Reguler Tim I UNDIP (13/01/2022).

Setelah pelaksanaan program sosialisasi gizi seimbang tersebut, diharapkan bagi PM di Panti Pelayanan Sosial PGOT ‘Mardi Utomo’ Semarang agar dapat bertambah pengetahuannya dan lebih memahami akan pentingnya peran gizi seimbang terhadap peningkatan kualitas gizi dan performa tubuh maupun derajat kesehatannya, yang dimana dapat membantu dalam aktivitas sehari-hari dan meningkatkan kualitas SDM Panti Pelayanan Sosial PGOT ‘Mardi Utomo’ Semarang nantinya.

Penulis : Steward Febrianto
DPL : Dr. Dra. Wilis Ari Setyati, M.Si