Mahasiswa KKN UNDIP di Lamper KIdul Mengajak dan Membantu Pelaku UMKM dalam Mengikuti Arus Digitalisasi

Kota Semarang (31/1) mahasiswa Universitas Diponegoro yang ditempatkan di Kelurahan Lamper Kidul, Kecamatan Semarang Selatan melaksanakan kegiatan KKN. Mahasiswa KKN Tim 1 2021/2022 Universitas Diponegoro melaksanakan program kerja berkaitan dengan SDGs.

Program Kerja ini menyasar pada para pelaku UMKM yang ada di Lamper Kidul. Program yang mengenalkan, membimbing dan membantu pelaku UMKM dalam mengikuti arus digitalisasi, ini dilaksanakan dengan sosialisasi door to door. Dalam sosialisasinya, mahasiswa memberikan cara-cara bagaimana membuat barcode menu untuk warung makan mereka.

Menurut para pelaku UMKM, ingin sekali mengikuti arus digitalisasi bagi usaha mereka, namun mereka bingung untuk memulai. Dengan adanya program kerja ini, tentunya para pelaku UMKM bisa setidaknya mencoba melangkah untuk memulai digitalisasi. Menurut penuturan mbak Ganish selaku pemilik warung Soda Gembira Mbah Yadi “saya sangat senang mbak, udah diajarin cara membuat barcode menu makan. Ini sangat membantu saya dan pelanggan.” Pembuatan barcode ini merupakan Langkah awal bagi para pelaku UMKM untuk mulai mengikuti arus digitalisasi yang terus berjalan.

Nama: Theresa Dinda Hermawan

NIM: 13040218140092

Lokasi: Kelurahan Lamper Kidul, Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang

DPL: Yanuar Yoga Prasetyawan, S.Hum, M.Hum