Mahasiswa Undip Bantu Upaya Digitalisasi UMKM Guna Pemulihan Ekonomi Pasca COVID-19

Pemilik UMKM batik Candra Kanti dan contoh produk. Dokumentasi pribadi

Kendal (01/21). Pandemi COVID-19 berdampak signifikan pada berbagai sektor kehidupan terutama sektor ekonomi. Banyak UMKM di Indonesia mengalami penurunan penjualan selama pandemi. Padahal UMKM di Indonesia memiliki andil yang besar dalam menyumbang PDB. Sehingga dibutuhkan sejumlah cara untuk tetap mempertahankan kondisi usahanya. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mempertahankan usahanya ialah memperluas saluran usahanya dengan pemasaran secara digital. Namun sayangnya, masih banyak UMKM yang belum mengenal digital marketing.

Diskusi mengenai pemasaran secara digital dengan pemilik UMKM batik Candra Kanti. Dokumentasi pribadi

Maka dari itu lewat KKN Tim 1 UNDIP 2021/2022 mahasiswa UNDIP melalui program SDGs berupaya melakukan sosialisasi digitalisasi UMKM guna membantu program dari pemerintah kabupaten untuk mengenalkan pemasaran secara digital. Upaya ini diharapkan dapat membantu pertumbuhan ekonomi para pelaku UMKM di masa pasca pandemi ini. Pelaksanaan program terhitung sejak 10 hingga 21 Januari 2022 dengan rangkaian dimulai dari pengenalan pemasaran digital melalui online shop, pembuatan akun sosial media untuk membantu promosi, dan perekaman video promosi. UMKM yang menjadi sasaran program ialah UMKM batik Candra Kanti yang berlokasi di RT 02 RW 02 desa Limbangan, kabupaten Kendal.

UMKM batik Candra Kanti merupakan salah satu UMKM yang tengah berkembang di kabupaten Kendal. UMKM ini berlokasi di desa Limbangan, kecamatan Limbangan, kabupaten Kendal dan berfokus pada produksi batik baik batik cap maupun tulis dan mencoba menghadirkan nuansa kekhasan daerah melalui motifnya.

Program tersebut disambut baik oleh pemilik UMKM dan ke depannya diharapkan pemasaran secara digital dapat dikenal dengan luas di kalangan masyarakat desa Limbangan.

Penulis: Fatchu Dhofarudin

Dosen Pembimbing Lapangan : Dr. Ir. Cahya Setya Utama, S. Pt., M. Si., IPM.

Lokasi : Desa Limbangan, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal