Keren Upaya Strategi Digitalisasi UMKM agar masuk ke Marketplace👍👍👍

Kuliah Kerja Nyata Universitas Diponegoro tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Mahasiswa harus tetap mengabdi dalam kondisi pandemi Covid-19 dimana tentunya mahasiswa tetap memperhatikan protocol kesehatan. Tim KKN Undip yang beranggotakan 6 Mahasiswa terjun ke Desa Gondang, Kecamatan Wonopringgo, Kabupaten Pekalongan untuk melakukan Kuliah Kerja Nyata.

Wabah virus Covid-19 tidak hanya menyerang manusia dalam sektor kesehatan, tetapi  juga seluruh sektor yang berperan dalam proses keberlangsungan hidup masyarakat. Baik itu  sektor ekonomi, politik, pariwisata, pendidikan, dan masih banyak lagi. terdapat banyak warga  yang bekerja sebagai pemilik UMKM, khususnya bisnis makanan. Dalam menghadapi masa  pandemic ini, banyak UMKM yang masih terkena masalah karena kebijakan lockdown dari  pemerintah, larangan untuk makan di tempat, dan lain sebagainya. Kemudian, dikarenakan  keharusan untuk selalu menggunakan hand sanitizer karena takut terpapar virus corona, warga  sekitar terpaksa mengeluarkan uang tambahan untuk membeli hand sanitizer sehingga  pengeluaran mereka menjadi kacau.

Dalam mencapai SDGs Kemitraan untuk mencapai tujuan, TIM I KKN UNDIP melaksanakan program kerja yaitu “Pemberdayaan UMKM Dengan Pemanfaatan Digital Marketing”. Program tersebut dilaksanakan dengan edukasi kepada UMKM di Desa gondᾳng mengenai pemasaran secara online atau digital marketing. Banyaknya UMKM di bidang makanan, mahasiswa KKN Undip memberikan saran untuk mudah serta memudahkan konsumen dalam meperoleh produk.

Beberapa UMKM di Desa gondᾳng enggan berubah ke pemasaran online dikarenakan susah dan ribet. Padahal perubahan itu sangat diperlukan untuk kelanjutan bisnis yang mereka jalani. Kebanyakan dari mereka sudah nyaman dengan hanya berjualan offline seperti biasanya. Adanya Program ini bertujuan agar masyarkat mampu berkembang dan mengikuti arus teknologi.

Seiring dengan berkembangnya teknologi, tren dalam dunia bisnis juga semakin beragam. Salah satunya adalah digital marketing. Dimana digital marketing khususnya bagi pelaku UMKM sangatlah penting dilakukan, sehingga kegiatan pemasaran tidak hanya dilakukan secara konvensional saja. Terlebih dimasa pandemi Covid-19 ini, dengan melaksanakan digital marketing dapat menjadi salah satu kegiatan untuk meningkatkan usaha khususnya bagi pelaku UMKM. Contohnya dengan pemanfaatan media sosial seperti Instagram, dimana dapat menjalankan kegiatan pemasaran secara lebih efektif.

Namun, belum semua pelaku UMKM mengerti mengenai digital marketing dan masih belum paham bagaimana cara pengoperasian media sosial terkhusus Instagram. Oleh karena itu, salah satu mahasiswa KKN Tim I Undip Dimaciela Vistanada Sekarlangit melaksanakan KKN dengan program mengenai edukasi digital marketing untuk UMKM.

Pembuatan modul dan poster Strategi dan pelatihan pemasaran UMKM melalui media marketplace dimaksudkan agar pelaku UMKM setempat mendapat pencerahan dan dapat meningkatkan keuntungan.