Mahasiswa UNDIP Melakukan Sosialiasi Tentang Bahaya penggunaan Narkoba di Angkringan

(Gambar 1. Poster Bahaya Narkoba)

(Semarang, 18/1) – Narkoba masih menjadi salah satu masalah terbesar anak muda saat ini. Belakangan banyak contoh contoh artis muda yang juga terjerat kasus narkotika, mulai dari comedian, penyanyi, hingga aktor aktor ternama yang diidolai oleh banyak anak muda. Hal ini patut menjadi salah satu fokus terbesar bagi pemerintah maupun kalangan manapun untuk dapat mencegah adanya penyalahgunaan obat obatan terlarang ini. Hingga mahasiswa KKN UNDIP Tim I memiliki tanggung jawab juga guna menjaga keamanan dan kesehatan generasi selanjutnya.

Mahasiswa KKN UNDIP Tim I yang berlokasi di RW 9 Kelurahan Gajahmunngkur melakukan kampanye dengan membuat poster dan juga melakukan sosialisasi di warung angkringan di wilayah RW 9 Kelurahan Gajahmungkur. Kami melakukannya di warung angkringan agar dapat menjangkau banyak kalangan baik dari orang tua, hingga remaja yang nongkrong di angkringan tersebut. Kami menjelaskan bahwa narkotika ini dapat merusak fisik baik efek secara pendek hingga jangka panjang, selain merusak tubuh, pikiran dan juga emosi pengguna juga akan mengalami gangguan seperti halusinasi, perasaan yang menyenangkan dan sebagainya yang hanya bersifat sementara, seperti yang dikutip dari bnn.go.id.

(Gambar 2. Mahasiswa berfoto dengan pemilik angkringan)

Maka dar itu kami mahasiswa KKN UNDIP Tim I melakukan kampanye untuk bisa menjauhi barang haram tersebut, meski diajak oleh teman, saudara atau keluarga tedekat sebisa mungkin menjauhi narkoba. Bahkan jika bisa ikut mengawal dan membantu pengguna untuk lepas dari jeratan narkotika dengan menghubungi BNN atau pihak berwajib agar bisa dilakukan rehabilitasi dan bisa sembuh dari jeratan narkotika.

Penulis : Muhammad Nur Syamsuddin

DPL    : Ir. Sutrisno MP