Upaya mencegah penyebaran COVID-19, Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro berikan Edukasi 3M ke Siswa SDN 01 Genuksari

Semarang (28/02/2022) – Kasus COVID-19 mulai menurun dan aturan PPKM yang semakin longgar berdampak positif pada beberapa sektor. Beberapa sektor sudah terlihat mulai membuka kegiatannya, seperti halnya pada sektor pendidikan yang telah memperbolehkan Pertemuan Tatap Muka (PTM). Pelaksanaan PTM tentunya tetap menerapkan protokol kesehatan 3M seperti memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. PTM tidak boleh dilaksanakan jika pada wilayah tersebut berada dalam zona merah, karena pelaksanaan ini hanya boleh dilakukan oleh sektor pendidikan yang telah memenuhi standar seperti adanya fasilitas cuci tangan dan sabun atau handsanitizer di pintu masuk, dan pengukur suhu tubuh atau thermogun. Salah satu sektor pendidikan yang telah melaksanakan pertemuan tatap muka yaitu pada SD Negeri 01 Genuksari.

Namun pada kenyataannya, masih ditemui beberapa siswa yang lupa memakai masker saat berangkat sekolah, dan membuka masker saat pembelajaran berlangsung. Adanya kelalaian beberapa siswa terhadap penggunaan masker tersebut membuat mahasiswa KKN UNDIP Kelurahan Genuksari ingin melakukan suatu penyuluhan dan edukasi 3M di lingkungan sekolah SD Negeri 01 Genuksari. Terjadinya penurunan tingkat disiplin dalam melaksanakan 3M atau protokol Kesehatan menjadi pemicu peningkatan angka kasus aktif Covid-19. Tingkat disiplin dan kepatuhan dalam menerapkan 3M (memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan, serta mencuci tangan pakai sabun) menjadi kunci utama pencegahan penularan Covid-19.

Penyuluhan dan edukasi 3M ini diharapkan mampu memberikan sikap waspada kepada siswa terhadap penularan COVID-19 dan menambah pengetahuan siswa tentang bagaimana memakai masker dan mencuci tangan yang baik dan benar. Selain itu, adanya program ini dapat diterapkan oleh siswa saat berada di lingkungan sekolah ataupun di luar sekolah. Penyuluhan dan edukasi akan dilakukan secara langsung kepada siswa di dalam ruang kelas dengan menampilkan video tentang 3M, memberikan tahapan memakai masker dan mencuci tangan yang baik dan benar, serta memberikan suatu permainan. Permainan tersebut berkaitan dengan 3M, harapannya siswa mudah menangkap maksud dari 3M tersebut.

Foto Bersama Siswa SDN 01 Genuksari

Penulis : Muhammad Faizal Muttaqin
Kecamatan/Kelurahan : Genuk/Genuksari
DPL : Dr. Ir. Martini M.Kes