Mahasiswa KKN Berikan Sosialisasi Penggunaan Aplikasi sebagai Sarana Jual Beli kepada Ibu-ibu PKK Kelurahan Banyumanik

Banyumanik, Semarang (11/02/2022) – Perkembangan teknologi dan informasi yang sangat cepat menuntut masyarakat untuk lebih aktif dalam berkegiatan di dunia maya, salah satunya adalah masyarakat terutama Ibu-ibu yang melakukan kegiatan jual beli. Banyak masyarakat yang sudah mulai terbiasa dengan kegiatan jual beli melalui dunia maya, namun tidak sedikit pula masyarakat terutama yang belum terlalu melek dengan teknologi yang mudah tertipu saat membeli dan gagal dalam mempromosikan barang jualannya pada dunia maya.

Aplikasi yang merupakan bagian dari dunia maya adalah perangkat lunak yang menggabungkan beberapa fitur tertentu dengan cara yang dapat diakses oleh pengguna. Ada jutaan aplikasi di App Store dan toko aplikasi Android, yang menawarkan layanan aplikasi. Aplikasi yang kerap digunakan oleh masyarakat dalam proses jual beli adalah Media Sosial dan Marketplace sebagai tempat proses berbelanja.

Guna meningkatkan pengetahuan dalam proses berbelanja online, Mahasiswa KKN Tim 1 Universitas Diponegoro Periode 2021/2022 Kelurahan Banyumanik melakukan Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Marketplace dan Media Sosial sebagai Sarana Jual Beli pada Ibu-ibu PKK, yang dilaksanakan pada hari Minggu, 6 Februari 2022 dan diikuti oleh lebih dari 30 Ibu-ibu PKK RT.02/RW.03 Kelurahan Banyumanik.

Pemberian Buku Panduan kepada Ketua PKK RT.02/RW.03 Kelurahan Banyumanik

Banyak Ibu-ibu yang belum terlalu paham bagaimana menyaring toko mauapun produk yang sudah dibeli oleh banyak pengguna dan diulas baik oleh pembeli sebelumnya, karena hal tersebut merupakan sebuah antisipasi dalam berbelanja agar tidak tertipu oleh harga yang terlalu murah namun tidak sesuai dengan ekspektasi. Selain itu, dalam berjualan di Aplikasi, masih banyak yang belum tahu bagaimana menarik pelanggan dan mempromosikannya agar barang jualan lebih laku.

Sosialisasi dengan Ibu-ibu PKK melalui Grup Whatsapp

Harapannya, dengan sosialisasi yang dilakukan secara online melalui grup Whatsapp Ibu-ibu PKK dan pemberian Buku Panduan, Ibu-ibu dapat lebih berhati-hati dalam Membeli barang di Toko Online dan tentunya dapat meningkatkan kemampuan dalam Berjualan secara Online.

Penulis : Muhammad Bagus Sajiwo (Informatika – FSM)

DPL : Asri Nurdiana, S.T., M.T.

Lokasi : Kelurahan Banyumanik, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang