Trik Supaya Dikenal Satu Indonesia dan Saingan Angkat Tangan Sebelum “Berperang”, Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro Tim 1 Periode 2021/2022 Memberikan Edukasi Secara Online Terkait 7 Cara Terbaik Pemasaran Usaha Produk di Era Digital

Semarang (07/02/2022) – Pelaksanaan KKN UNDIP Tim II 2021/2022 di mulai pada tanggal 05 Januari 2022 – 15 Februari 2022 yang memiliki konsep berbeda dari KKN UNDIP Reguler biasanya, yaitu KKN Pulang Kampung. KKN Pulang Kampung yaitu ditentukan berdasarkan domisili dari mahasiswa atau di luar domisili dengan alasan tertentu. Hal ini terjadi karena adanya kondisi pandemi Covid19 yang tersebar di berbagai negara termasuk Indonesia. Pada kegiatan KKN saat ini mengusung tema “Sinergi Perguruan Tinggi dengan Masyarakat di Tengah Pandemi COVID-19 Berbasis pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) Melalui Kegiatan Kuliah Kerja Nyata”.

Kegiatan KKN Tim I UNDIP 2021/2022 kali ini dilakukan di Kelurahan Gisikdrono tepatnya di wilayah RT 03 RW 13 Kec. Semarang Barat. Kegiatan KKN ini dilaksanakan secara berkelompok dan bersifat offline namun tetap memperhatikan protokol kesehatan demi mencegah penyebaran virus Covid-19. Dalam rangka mengedukasi masyarakat setempat, program edukasi ini sebagai upaya untuk meningkatkan pemahaman masyarakat akan peningkatan pemasaran produk usaha mereka salah satunya sosialisasi mengenai “7 Cara Terbaik Pemasaran Usaha Produk di Era Digital”. Kegiatan sosialisasi tersebut dilaksanakan menggunakan metode melalui penyebaran sosialisasi melalui Grup Whatsapp Dawis Bapak-ibu RW 13 Kelurahan Gisikdrono. Proses kegiatan edukasi melalui Grup Whatsapp dilakukan pada tanggal 03-05 Februari 2022 dan dapat dilihat pada Gambar 1.

Gambar 1. Pemberian Edukasi Secara Online Melalui Grup Whatsapp Bapak/ibu RW 13 Kelurahan Gisikdrono

Dalam kegiatan sosialisasi kepada masyarakat setempat, digunakan cara penyebaran booklet melalui Grup Whatsapp Dawis Bapak-ibu RW 13 Kelurahan Gisikdrono. Booklet yang dibuat tersebut terdiri dari latar belakang dan 7 cara terbaik pemasaran usaha produk di era digital. Adapun sumber materi sudah tertera di dalam booklet yang dapat dilihat pada Gambar 2.

Gambar 2. Softfle Booklet “7 Cara Terbaik Pemasaran Usaha Produk di Era Digital”

Penulis : Gilbert Fedrick Purba – Teknik Mesin – Teknik 2018

Dosen Pembimbing : Dra. Puji Astuti, M.Si

Kelurahan Gisikdrono, Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang

KKN TIM I Universitas Diponegoro Periode 2021/2022