HEBOH! Mahasiswa KKN Tim I Undip Gandeng Remaja di Desa Pundung Putih untuk Ikut Menyukseskan Gerakan PEMANAS (PEMuda Anti NArkoba Sukses) Dunia Akhirat sebagai Upaya Perang Melawan Narkoba

UNGARAN – Setiap tahun, jumlah pemakai narkoba terus meningkat khususnya para remaja/pelajar yang masih labil dalam mencari jati dirinya. Oleh sebab itu, mereka sangat mudah dipengaruhi ditambah dengan rasa ingin tahu yang tinggi sehingga mendorong mereka untuk mencoba hal-hal yang baru. Sering kali pelajar lebih nurut apa kata teman karena  menganggap bahwa teman-temannya lebih tahu daripada orang tuanya. Lingkungan pergaulan juga sangat berpengaruh dalam kerpibadian para remaja. Jika mereka berada pada pergaulan yang buruk, sudah pasti terpengaruh oleh hal-hal yang buruk.

Desa Pundung Putih RT 02 RW 03 terkenal dengan kepandaian, kekompakan, kebersihan, dan ketegasannya jika bermasalah dengan hal-hal yang buruk, termasuk Narkoba. Oleh karena itu, masyarakat di desa ini sangat menghindari Narkoba dan pengetahuan mereka akan Narkoba juga telah luas. Maka dari itu, mahasiswa KKN Tim I Undip bernama Tri Widayati dibantu oleh mahasiswa KKN lainnya menggandeng para remaja di Desa Pundung Putih untuk ikut menyukseskan “Gerakan PEMANAS (PEMuda Anti Narkoba Sukses) Dunia Akhirat”. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh remaja di Desa Pundung Putih pada hari Sabtu, 29 Januari 2022 pukul 20.00 hingga 22.00 WIB di salah satu rumah anggota remaja bernama Deni.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk pencegahan dan memberikan edukasi mengenai bahaya dan dampak dari penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja. Selain itu, mahasiswa KKN bernama Tri W juga melakukan diskusi bersama para remaja di Desa Pundung Putih pentingnya pengetahuan mengenai Narkoba agar Desa Pundung Putih selalu dicap bersih dan berprestasi tanpa bermasalah dengan narkoba. Diskusi dilakukan untuk saling menguatkan antar remaja agar dapat hidup sukses di dunia maupun di akhirat, mengingat penyalahgunaan narkoba juga termasuk dosa besar yang harus dipertanggungjawabkan di akhirat kelak.

Diskusi ini diikuti oleh seluruh remaja hampir 40 orang dengan sangat antusias. Ketika diskusi berlangsung Tri W juga membagikan poster anti Narkoba kepada seluruh remaja yang hadir. Poster yang dibagikan pun mengundang sejumlah pertanyaan oleh beberapa pemuda, mulai dari arti gambar yang ada pada poster (anti narkoba), jenis-jenis narkoba apa saja?, hingga bahaya lain jika menyalahgunakan narkoba. Pertanyaan demi pertanyaan dijawab oleh Tri W dan juga beberapa remaja ikut memberikan pendapat dan masukan terkait bahaya narkoba bagi kalangan remaja.

Kegiatan ditutup dengan foto bersama ketua remaja di Desa Pundung Putih dan beberapa perwakilan remaja. Beberapa di antaranya juga meminta tambahan poster untuk ditempel di beberapa kos-kosan yang ada di Desa Pundung Putih.

Penulis : Tri Widayati (Sastra Indonesia)

Dosen Pembimbing Lapangan : Ari Wibawa Budi Santosa, S.T., M.Si.

Lokasi KKN : Desa Pundung Putih RT 02 RW 03, Kelurahan Gedanganak, Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang.