Berhasil! Mahasiswa KKN UNDIP Memanfaatkan Media Sosial sebagai Ajang Promosi Iklan UMKM.

Salah satu hasil kegiatan promosi UMKM melalui Sosial Media berupa Instagram /foto : dokumen pribadi

Syahmad, Kecamatan Lubuk Pakam – Selasa (31/01) (UMKM) adalah istilah umum dalam khazanah ekonomi yang merujuk kepada usaha ekonomi produktif yang dimiliki perorangan maupun badan usaha sesuai dengan kriteria yang ditetapkan oleh Undang-undang No. 20 tahun 2008. UMKM artinya bisnis yang dijalankan individu, rumah tangga, atau badan usaha ukuran kecil. Sebagai salah satu penggerak ekonomi nasional, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) harus dapat beradaptasi dengan era digital.

Adanya kemajuan teknologi khususnya di bidang Informasi dan Komunikasi memungkinkan untuk masyarakat dalam memperoleh dan membagikan informasi dengan cepat dan mudah. Salah satu strategi yang dapat dimanfaatkan sebagai promosi produk dan iklan adalah penggunaan sosial media. Selain mudah dan ekonomis, penggunaan sosial media ini dapat menampilkan informasi secara lengkap serta menampilkan produk menjadi lebih menarik.

Percepatan penggunaan Sistem Informasi dan Komunikasi dapat dimanfaatkan dalam penyebaran dan pemerolehan informasi. Hal ini dapat memberikan manfaat khususnya masyarakat yang memiliki UMKM dalam memperkenalkan unit usahanya kepada publik, mempromosikan serta meningkatkan ekonomi dan kegiatan usahanya. Program kegiatan ini berupaya untuk mendorong masyarakat agar menjadi kreatif dan inovatif serta berdaya saing tinggi.

Namun walaupun demikian, tidak semua UMKM punya kemampuan dalam menggunakan teknologi sehingga dari sinilah Mahasiswa KKN berguna untuk menjadi jembatan bagi pelaku UMKM dan menggunakan daya kreatifnya untuk menghadirkan produk dan jasa ke platform digital serta mengupayakan melakukan penjangkauan UMKM. Ada beberapa hal yang perlu ditekankan bagi para pelaku UMKM dalam memanfaatkan teknologi digital untuk tujuan meningkatkan bisnis yaitu literasi digital, ubah cara komunikasi, dan hadir di beberapa platform digital sesuai dengan usaha yang dijalankan.

Salah satu Social Media yang akan dimanfaatkan sebagai ajang promosi adalah Instagram yang dapat dimanfaatkan masyarakat dalam melakukan promosi, pemasaran dan iklan produk. Sehingga mempermudah pemilik usaha UMKM dalam menjangkau target pasar yang lebih luas.

Ilustrasi Instagram /foto : google image

Program ini diharapkan dapat meningkatkan kegiatan UMKM dengan memperkenalkan unit usahanya kepada publik, mempromosikan serta meningkatkan ekonomi dan kegiatan usaha bagi Warga Kelurahan Syahmad, Kecamatan Lubuk Pakam, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Sehingga UMKM dapat semakin maju dan berkembang.

Penulis : Cindy Barry Napitupulu

Dosen Pembimbing Lapangan : Fajrul Falah, S.Hum., M.Hum

Lokasi KKN : Kelurahan Syahmad, Kecamatan Lubuk Pakam, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara

KKN Tim I Universitas Diponegoro 2021/2022 Periode Januari – Februari 2022