Kreatif Dan Inovatif! Mahasiswa KKN Tim 1 Universitas Diponegoro Membantu Meningkatkan Infrastruktur Kelurahan Lamper Tengah Dengan Membuat Peta Administrasi Berbasis WebGIS

SEMARANG (25/01/2022) – Sustainable Development Goals (SDG’s) memiliki 17 tujuan yang akan dicapai. Sesuai dengan SDG’s Desa nomor 9 yaitu Infrastruktur dan Inovasi Desa sesuai Kebutuhan, dimana SDGs tersebut mempunyai tujuan untuk membangun suatu infrastruktur yang tahan lama, mendukung industrialisasi yang inklusif dan berkelanjutan dan membantu perkembangan inovasi.

Peta Administrasi Konvensional Kelurahan Lamper Tengah

Dari hal tersebut, maka saya sebagai mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim 1 Universitas Diponegoro Tahun 2022 yang berlokasi di Kelurahan Lamper Tengah, Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang, tergerak membantu dalam upaya peningkatan infrastruktur dan inovasi di Kelurahan Lamper Tengah dengan membuat Peta Administrasi berbasis WebGIS.

Maka dari itu, saya sebagai mahasiswa dengan ilmu disiplin Teknik Geodesi melakukan gerakan pengembangan inovasi dalam bentuk Pembuatan Peta Administrasi Kelurahan Lamper Tengah berbasis WebGIS. Dimana inovasi pengembangan peta tersebut dilakukan dalam beberapa hal, pertama peta administrasi Kelurahan Lamper Tengah tersebut dapat diakses secara online dalam bentuk digital. Kedua, peta administrasi tersebut berbasis GeographicInformationSystem (GIS) dimana informasi-informasi juga tersaji di dalam peta tersebut, kita tinggal meng-klik salah satu feature layer yang ada di peta maka akan keluar pop-up yang berisikan informasi-informasi.

Melakukan Input Data WebGIS Di Web Kelurahan Lamper Tengah

Bapak Marzuki selaku Kepala Kelurahan Lamper Tengah sangat antusias dengan program Peta Administrasi WebGIS oleh mahasiswa KKN UNDIP dan program tersebut kedepannya sangat bermanfaat bagi Kelurahan Lamper Tengah karena dapat membantu meningkatkan pelayanan kepada publik secara menyeluruh.

Peta Administrasi Kelurahan Lamper Tengah Berbasis WebGIS

Penulis             : Muhammad Maghreza Eka Pardjono / Teknik Geodesi 2018 / Fakultas Teknik

DPL                : Prof. Dr. Ari Pradhanawati, MS