Maraknya Penyalahgunaan Narkoba, Mahasiswa KKN UNDIP Lakukan Penyuluhan pada Anak Remaja Terkait NAPZA dan Bahayanya Bagi Kesehatan.

Semarang (10/02/2022) – Tim I KKN Universitas Diponegoro 2022 yang mengusung tema “Pemberdayaan Masyarakat Menuju Pasca Pandemi Covid-19 Berbasis SDGs” mengawali beberapa rangkaian kegiatan di Kelurahan Mlatiharjo, Kecamatan Semarang Timur, Kota Semarang dengan melakukan penyuluhan terkait bahaya narkoba atau NAPZA yang sering disalahgunakan oleh orang yang kurang paham terkait dampak buruk yang bisa diakibatkan karena mengkonsumsi NAPZA.

Istilah Narkoba atau dalam bahasa inggrisnya adalah Drug, adalah suatu bahan atau zat kimia yang jika dikonsumsi oleh tubuh dapat mempengaruhi pikiran, perasaan, suasana hati, atau perilaku seseorang hingga dapat menyebabkan halusinasi. Pada dasarnya narkotika, psikotropika dan zat aditif lainnya biasa digunakan di bidang kesehatan atau di dunia medis, namun penggunaan ini harus sesuai ketentuan dokter atau orang yang profesional di bidang medis karena efek dari penggunaaan tersebut sangat berbahaya jika dosis yang digunakan sangat berlebihan. Karena hal ini, mahasiswa dari Universitas Diponegoro yang sedang melaksanakan kegiatan KKN di kelurahan Mlatiharjo memberikan edukasi kepada anak remaja di wilayah RW 05 untuk menambah pengetahuan mereka terkait NAPZA dan bahayanya. Kegiatan tersebut dilaksanakan di balai RW 05 pada hari Sabtu, 22 Januari 2022. Kegiatan dilakukan bersamaan dengan posyandu remaja, dimana anak remaja yang sudah selesai melakukan pengecekan posyandu akan diarahkan ke stand yang dimana mahasiswa Undip akan memberikan paparan terkait dampak bahaya penyalahgunaan narkoba.

Selain memberikan paparan, dalam kegiatan tersebut anak remaja juga diberikan booklet yang berisi berbagai macam informasi terkait narkoba serta jenis dan bahaya juga efek samping yang bisa ditimbulkan jika disalahgunakan. Selain booklet, mahasiswa KKN Undip juga memberikan Poster tentang narkoba yang ditempel di lingkungan sekitar.

Kegiatan KKN ini sangat didukung oleh pemerintah desa setempat, diharapkan dengan dilaksanakannya salah satu kegiatan KKN ini, diharapkan anak-anak yang berusia remaja di lingkungan RW 05 kelurahan Mlatiharjo dapat terhindarkan dari bahaya penyalahgunaan narkotika, psikotropika, dan zat aditif lainnya yang bisa merusak generasi muda bangsa.

Penulis : Gusti Bagus Arif Jagadhita

(Fakultas Teknik)

DPL : Nissa Kusariana, SKM, M.Si