WOWW!!! Mahasiswa KKN Tematik UNDIP Bantu Upaya Peningkatan Ekonomi UMKM di Era Digital di Dusun Indrokilo Desa Lerep Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang

Lerep (07/02) – Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Universitas Diponegoro berlangsung sejak 5 Januari hingga 15 Februari 2022 dengan mengusung tema Optimalisasi Hasil Perkebunan Kopi dalam Rangka Pemulihan Ekonomi Masyarakat Dusun Indrokilo, Desa Lerep, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang. KKN kali ini dilaksanakan saat masih dalam keadaan COVID-19 dengan mematuhi protokol kesehatan secara tepat. Salah satu mahasiswi KKN Tematik UNDIP asal Lamongan saat ini sedang melakukan program Bantu Upaya Peningkatan Ekonomi UMKM di Era Digital di Dusun Indrokilo.

Berjualan di marketplace seperti Tokopedia, Lazada, Shopee atau lainnya memang sedang sangat diminati saat ini. Selain berjualan di media sosial, banyak pebisnis online yang melengkapi strategi jualan online-nya dengan membuka toko di marketplace.

Strategi ini tentu tidak salah, ada beberapa hal yang tidak bisa pebisnis online dapatkan dari media sosial, tapi bisa didapatkan di marketplace. Contohnya adalah tingkat kepraktisan dalam proses jual-beli, dalam marketplace bisa melakukan semua proses, dari konsumen memilih barang hingga pembayaran hanya dalam satu platform.

Di Dusun Indrokilo banyak sekali UMKM dan sebagian besar belum menggunakan sosial media atau marketplace dalam mendistribusikan produknya. Contohnya, UMKM Barokah yang belum menggunakan sosial media atau marketplace dalam mendistribusikan produknya. Oleh karena itu, mahasiswa KKN membuat program kerja pendampingan digital marketing ke UMKM. “Saya sangat senang hati kalau diajari jualan online, saya itu pengen bisa karena banyak yang beli produk saya dari luar kota tapi saya belum bisa dalam hal pengiriman atau jualan online seperti itu”, ujar Ibu Subur, pemilik UMKM Barokah.

Pendampingan

Program ini diharapkan bisa bermanfaat bagi UMKM Barokah agar bisa semakin luas di pangsa pasar, karena produknya diproses sendiri secara teliti dan rasanya juga enak atau identik.

Penulis : Elyka Junitasari

Dosen Pembimbing : Amni Zarkasyi Rahman, S.A.P., M.Si