Kenyamanan Listrik Pasca Pandemi

Poster Smart Home (Sumber: Dokumentasi KKN Undip)

Mangunharjo, Semarang (11/2) – Dengan perkembangan teknologi yang pesat saat ini serta meluasnya penggunaan teknologi Wi-Fi, masyarakat semakin sadar akan kebutuhan peralatan yang otomatis. Kata Smart Home atau rumah pintar sekarang tidak asing. Sudah banyak rumah yang menerapkan sistem rumah pintar dalam upaya mengatur kelistrikan rumah.

Kebijakan WFH membuat banyak pekerja yang biasanya melakukan pekerjaan dikantor saat sekarang melakukan pekerjaan di rumah. Hal tersebut tentunya dapat meningkatkan konsumsi listrik di rumah tangga. Tidak juga itu, banyaknya pekerjaan di rumah meningkat karena pekerjaannya tidak hanya berupa pekerjaan rumah harian tetapi juga berupa pekerjaan dari kantor yang dilakukan di rumah.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, mahasiswa Prodi Teknik Elektro Undip, Albertus Jalu berinisiatif untuk memberdayakan warga, khususnya warga RW 06 Kelurahan Mangunharjo melalui edukasi mengenai konsep smart home atau rumah pintar.

Edukasi dilakukan dengan sosialisasi secara langsung saat kegiatan PKK di RW 06 pada tanggal 5 kemaren, selain itu mahasiswa tersebut juga membuat poster dengan tema smart home yang ditempel pada lokasi strategis dalam lingkup RW 06.

Sosialisasi Smart Home di RW 06 Mangunharjo, Semarang (Sumber: Dokumentasi KKN Undip)

Saat edukasi, materi yang dipaparkan berupa pengertian smart home, alat-alat yang digunakan dalam sistem smart home, manfaat smart home, dan syarat akar kita dapat memasang smart home di dalam rumah.

Manfaat smart home adalah sebagai berikut:

  • Membawa ketenteraman
  • Dapat mengontrol penggunaan listrk
  • Keamanan rumah meningkat
  • Memudahkan pekerjaan rumah

Penulis: Albertus Jalu (Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro)
DPL: Sukiswo, S.T., M.T.