Peningkatan Kompetensi Pengelola BUMDes: Mahasiswa KKN Tim 1 Undip Lakukan Pelatihan Digital Branding Potensi Desa Dan Pelatihan Kearsipan Kepada Pengelola BUMDes Bina Sejahtera Buayan

Saat ini peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) sedang menjadi fokus pemerintah, sebagai upaya untuk menangkap peluang bonus demografi yang dialami Indonesia pada tahun 2020-2030. SDM yang unggul menjadi solusi atas permasalahan bangsa. Harapannya sumber daya manusia di masa mendatang merupakan intellectual capital yang dapat berdaya saing di era global, terlebih saat ini dunia sedang mempersiapkan untuk menuju era Society 5.0 yang bertumpu pada cyber-physical system, dengan didukung oleh kemajuan teknologi, berbasis informasi, pengetahuan, inovasi, dan jejaring, yang menandai  munculnya abad kreatif.

Menghadapi berbagai tantangan tersebut, mahasiswa KKN Tim 1 Universitas Diponegoro 2022 pada hari Selasa (18/01/2022) melaksanakan kegiatan pelatihan digital branding potensi desa kepada pengelola BUMDes Bina Sejahtera Buayan, Kab. Kebumen. Kepala Desa Buayan turut serta dalam menghadiri pelatihan tersebut.  

Pelatihan Digital Branding Potensi Desa Kepada Pengurus BUMDes Bina Sejahtera Buayan

Materi digital branding potensi desa lebih banyak menekankan pada penguatan media sosial sebagai salah media untuk branding dan paling diminati oleh masyarakat luas. Salah satunya adalah website bumdes.id, website ini terdapat banyak layanan yang sangat bermanfaat bagi BUMDes. Salah satu layanan yang dikenalkan oleh mahasiswa KKN Tim 1 Universitas Diponegoro 2022 adalah layanan “Katalog Online”. Layanan ini berisi katalog produk-produk dari BUMDes yang telah terdaftar pada sistem. Katalog online menjadi langkah nyata bagi BUMDes Bina Sejahtera Buayan untuk mendekatkan produk-produknya dengan para konsumen. Hal menarik dari layanan katalog produk adalah tidak terbatas hanya pada produk yang berupa barang akan tetapi produk berupa jasa juga dapat dimasukan pada katalog. Seperti halnya dengan BUMDes Bina Sejahtera Buayan, produk utama yang ditawarkan yaitu Wisata Pemandian Alami Langen Ujung. Wisata ini berupa kolam pemandian di mana airnya merupakan air pegunungan sehingga tidak pernah kering dan selalu mengalir, pada sekeliling kolam terdapat pemandangan yang menyejukan berupa perbukitan karst yang termasuk dalam Kawasan Karst Gombong Selatan. Tak cukup hanya penyampaian materi saja, mahasiswa KKN Tim 1 Universitas Diponegoro 2022 juga melakukan pendampingan dalam pembuatan akun media sosial BUMDes Bina Sejahtera Buayan sebagai pondasi untuk melakukan digital branding potensi desa.

Akun media sosial BUMDes Bina Sejahtera Buayan
Katalog online pada website bumdes.id

Dalam waktu dekat, BUMDes Bina Sejahtera Buayan akan bekerja sama dengan para pelaku UMKM di Desa Buayan untuk turut serta memasarkan produk dengan mengunggah pada katalog online bumdes.id.

Pelatihan tidak hanya dilakukan dalam satu hari, akan tetapi pada Selasa (25/01/2022) mahasiswa KKN Tim 1 Universitas Diponegoro kembali mengadakan pelatihan kepada Pengurus BUMDes dengan topik “Pelatihan Kearsipan dan Keuangan”. Pelatihan ini diharapkan mampu memberikan wawasan bagi pengurus BUMDes mengenai tata cara pengadministrasian yang baik, utamanya BUMDes Bina Sejahtera merupakan organisasi yang masih tergolong baru. Tidak dapat dipungkiri bahwa arsip menjadi bagian penting bagi suatu organisasi karena arsip dapat dijadikan sebagai pengambilan keputusan dan pengingat di masa depan. Jika arsip tidak tertata dengan baik, maka dapat mengganggu keberjalanan suatu organisasi. Dengan sistem penyimpanan arsip yang tepat maka jika sewaktu-waktu arsip dibutuhkan dapat dengan cepat ditemukan. Pada pelatihan ini, agar lebih memahami teori maka mahasiswa KKN Tim 1 Universitas Diponegoro mengadakan praktik bersama mengenai cara menyimpan arsip baik digital maupun konvensional.

Pelatihan kearsipan dan keuangan

Kegiatan pelatihan-pelatihan ini menunjukan posisi mahasiswa KKN Tim 1 Universitas Diponegoro 2022 sebagai agent of change di masyarakat yang berkomitmen untuk meningkatkan kualitas SDM agar berdaya saing tinggi di era global dan dapat dengan mandiri untuk terus berinovasi. Kegiatan pelatihan yang telah dilakukan diharapkan menjadi sarana penguatan kelembagaan BUMDes Bina Sejahtera Buayan.

Penulis: Apriana Anggraeni Ayuningtyas – Ilmu Perpustakaan – Fakultas Ilmu Budaya

DPL: Nurhasmadiar N., S.KM., M.Kes