Pembuatan sekaligus Perawatan alat handsanitizer touchless oleh mahasiswa KKN UNDIP Tim I 2021/2022

Pemberdayaan Perawatan alat HandSanitizer

Kalipancur, Kota Semarang (10/2/2022) — Kuman penyebab penyakit dapat menyerang kapanpun dan dimanapun. Kuman dapat menempel dimanapun, bisa di barang di sekitar kita, maupun di anggota tubuh salah satunya adalah tangan.

Tangan adalah salah satu anggota tubuh yang paling sering digunakan untuk menyentuh benda-benda lain yang mengakibatkan kuman menempel pada tangan kita. Apalagi pada masa pandemi Covid seperti sekarang ini penting untuk selalu menjaga kebersihan tangan. Dilansir dari website p2p.kemkes.go.id, salah satu upaya mencegah penyebaran virus adalah dengan mencuci tangan menggunakan sabun. Selain cuci tangan menggunakan sabun, kita juga dapat membersihkan tangan menggunakan hand sanitizer.

Berdasarkan kondisi di atas, salah satu mahasiswa KKN Tim I UNDIP 2021/2022 membuat alat hand sanitizer otomatis menggunakan sensor inframerah. hand sanitizer mengeluarkan liquid jika sensor mendeteksi tangan pada jarak tertentu. Adapun tentang perawatan alat handsanitizer agar dapat awet untuk jangka panjang yaitu dengan mengisi liquid jika sudah mulai habis, jangan lupa periksa baterai juga agar alat handsanitizer tetap menyala dan jangan sampai mati, menggunakan sensor dengan baik dan benar memang perlu diperhatikan agar sensor tetap bekerja dengan normal dan maksimal.

Poster Perawatan Alat HandSanitizer

Alat hand sanitizer otomatis kemudian diserahkan kepada Ketua RW 01 Kelurahan Kalipancur. Mengingat pembelajaran tatap muka yang dilaksanakan, alat hand sanitizer otomatis ini sangat diperlukan untuk meminimalisir penyebaran virus.

Penyerahan alat HandSanitizer dan Poster ke Ketua RW 01 Kalipancur

Dengan adanya alat hand sanitizer otomatis ini, diharapkan warga senantiasa menjaga kebersihan tangan dan menjaga protokol kesehatan guna mencegah penyebaran virus dan kuman penyebab penyakit.

Penulis: Hanif Adi Al Hidayat – D4 Rekayasa Perancangan Mekanik – Sekolah Vokasi — Universitas Diponegoro

DPL: Sukiswo. S.T., M.T

KKN Tim I UNDIP 2021/2022