KAMPANYEKAN GERAKAN HIDUP SEHAT UNTUK TINGKATKAN IMUNITAS MAHASISWA KKN TIM 1 UNDIP GELAR KEGIATAN SENAM PAGI DAN BAGIKAN PAKET SEHAT

Plombokan, Semarang Utara (06/02/2022) – Belum berakhirnya pandemic Covid-19, pemerintah memberlakukan berbagai kebijakan dalam rangka pengendalian kasus Covid-19 di Indonesia. Selain menerapkan berbagai kebijakan, pemerintah juga menggaungkan peningkatan kekebalan tubuh melalui program vaksinasi yang dilakukan secara menyeluruh di seluruh wilayah Indonesia. Baru-baru ini program vaksinasi booster dilakukan yang peruntukannya untuk warga diatas 18 tahun terlebih pada lansia mengingat adanya varian baru dari virus yang bermutasi yaitu varian Omicron.

Gambar 1. Kegiatan Senam Pagi bersama Ibu-ibu Warga Kelurahan Plombokan

Menurut Bu Sofia, selaku Lurah wilayah Plombokan, warga yang sudah divaksin mencapai 85%, namun karena merasa sudah aman dan tidak adanya penambahan kasus Covid-19 di wilayah Plombokan, warga Plombokan menjadi lalai dalam menjaga imunitas diri. Padahal, dengan menjaga imunitas diri, dapat meningkatkan kekebalan tubuh serta meningkatkan efektifitas dari vaksin yang telah diberikan karena metabolism tubuh yang baik.

Program “Kampanye Gerakan Hidup Sehat” melalui senam dan pembagian paket sehat yang dilakukan oleh Mahasiswa KKN TIM 1 Universitas Diponegoro 2022 di Kelurahan Plombokan, khususnya wilayah RW03 bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang hidup sehat dan meningkatkan serta menjaga imunitas tubuh. Dalam acara ini juga diadakan kegiatan Senam pagi bersama dengan instruktur gerakan senam dari Universitas Diponegoro yaitu Bapak Suroto selaku Dosen Universitas Diponegoro dan pembagian paket sehat.

Gambar 2. Kegiatan Pembagian Paket Sehat berisi Tumbuhan Herbal

Menurut Pak Agus Selaku Ketua RT02/RW03, kegiatan ini sangat bermanfaat sekali, dan berharap setiap Minggu akan selalu ada. Melalu kampanye Gerakan Hidup Sehat ini, diharapkan agar terbentuknya kebiasaan baik yaitu menjaga pola hidup yang sehat dengan berolahraga agar dapat meningkatkan imunitas tubuh ditengah kondisi pandemi yang belum usai.

Penulis            : Bismo Alfarishy, Mahasiswa Rekayasa Perancangan Mekanik, Universitas Diponegoro

Dosen Pembingbing Lapangan          : Ir. RTD. Wisnu Broto, M.T

Lokasi             : Kelurahan Plombokan, Semarang Utara