Mahasiswa KKN UNDIP membuat Pemetaan Potensi dan Permasalahan terkait Kondisi Fisik & Non-Fisik Desa Margosari guna Pemenuhan Database sebagai Inventaris Desa

Wawancara mendalam dengan 4 Kepala Dusun Desa Margosari (Sumber: Penulis)

Kendal (12/1/2022) – Potensi wilayah adalah segala sesuatu yang dimiliki (SDAdan SDM) suatu wilayah baik yang telah dimobilisir maupun yang belum dimobilisir yang mana dapat mendukung upaya meningkatkan kesejahteranaan penduduk di wilayah yang bersangkutan dan atau wilayah lain. Sedangkan masalah yang ada di suatu wilayah adalah segala sesuatu yang ada di suatu tempat yang mana hal tersebut harus segera diatasi apabila tidak maka akan membahayakan keselamatan orang-orang yang ada di sekitar area tersebut. Seperti halnya penjelasan di atas maka mahasiswa KKN UNDIP Tim I TA 2021/2022 memiliki suatu gagasan bahwa akan lebih baik jika potensi dan masalah yang ada di Desa Margosari dipetakan agar menjadi perhatian bersama baik dari masyarakat maupun pemerintah setempat. Hal ini selaras dengan kondisi saat ini yang mana virus COVID-19 masih tetap ada sehingga program ini dirasa lebih efektif karena tidak melibatkan banyak informan. Program yang dimaksud adalah survei mandiri yang dilakukan di Desa Margosari. Setelah melakukan survei maka selanjutnya dituangkan dalam peta sehingga mudah dipahami oleh masyarakat Margosari. Proses pemetaan dilakukan dengan bantuan aplikasi ArcGis dengan data SHP Margosari. Target atau luaran dari program ini adalah terciptanya database berupa data informasi (dalam bentuk buku/booklet), sehingga nantinya dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam fasilitasi kegiatan dan bahan masukan instansi/lembaga yang berkaitan dalam rangka mendukung pengembangan kelompok masyarakatnya seperti Balai Diklat, Perguruan Tinggi, CSR dan lain sebagainya untuk bersinergi dan berkolaborasi. Selain itu mahasiswa KKN juga mengoordinasikan program tersebut dengan Bapak Carik dan Kepala Dusun sekaligus melakukan wawancara secara mendalam, dikarenakan merekalah pihak yang paling mengerti kondisi masing-masing dusun yang ada di Desa Margosari.

Peta Potensi Masalah Desa Margosari (Sumber: Penulis)

“Saya sebagai Carik di Desa Margosari merasa terbantu dengan adanya program ini, karena jadi mengerti apa saja yang harus kami benahi dan tentunya sadar akan lingkungan sekitar. Saya berharap Pemerintah Kabupaten Kendal dan juga Kecamatan Limbangan paham betul akan potensi dan juga masalah yang ada supaya kedepannya bisa dijadikan bahan pertimbangan”, ucap Bapak Sony selaku Carik Desa Margosari.

Bapak Sony dan juga Kepala Dusun berharap program ini menjadi program rutin setiap tahun atau beberapa bulan sekali agar masyarakat dan juga pemerintah sadar akan kekurangan dan kelebihan dari masing-masing desa. Selain itu dengan adanya masalah yang ada perangkat desa berharap terdapat dana yang turun dari Pemerintah untuk mengatasi masalah tersebut agar tidak membahayakan masyarakat Desa Margosari.

Penulis                                : Brigitta Ayu Wihardhinik

DPL                                     : Dr. Ir. Cahya Setya Utama, S.Pt., M.Si., IPM

Lokasi                                 : Desa Margosari, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal