Naikknya angka penderita Covid-19, Mahasiswa KKN Sosialisaikan Varian Baru Omicron Disertai Pembagian Starter Kit

Sosialisasi Varian Omicron di warga Kelurahan Mlatiharjo

Semarang (28/01/2022) – Tim 1 KKN Universitas Diponegoro 2022 yang sedang menjalankan KKN dengan tema “Pemberdayaan Masyarakat Menuju Pasca Pandemi Covid-19 Berbasis SDGs” memulai rangkaian program kerja mereka di Kelurahan Mlatiharjo, Kecamatan, Kecamatan Semarang Timur, Kota Semarang dengan melakukan penyuluhan dan edukasi mengenai varian baru dari covid-19 yaitu Omicron dan mengingatkan kembali akan pentingnya menaati protokol kesehatan.

Varian Baru dari Covid-19 yang baru -baru ini menjadi topik perbincangan adalah varian Omicron. Varian ini pertama kali ditemukan di Afrika selatan pada bulan November 2021. Kasus pertama yang timbul di indonesia terjadi pada tanggal 16 Desember 2021 yang kemudian menyebabkan menaiknya kembali angka penderita covid di indonesia. Dari informasi yang didapat, Omicron merupakan sebuah varian covid yang memiliki jumlah mutasi genetik terbanyak dan panjang dengan sebanyak 50 mutasi yang dimana 32 mutasi diantaranya terjadi pada bagian spike varian tersebut.  Salah satu mutasi yang terjadi adalah mutasi N501Y yang memperkuat pengikatan virus pada reseptor sel. Sehingga virus berpotensi lebih menular daripada varian lainnya. Dari penelitian yang sudah dilakukan oleh Universitas Cambridge menyatakan bahwa Omicron lebih handal  dalam mengelabui sistem imun tubuh, sehingga sang penderita tidak akan tahu bahwa ia telah terjangkit dengan virus ini sampai rasa sakit yang tiba – tiba menimpa. 

Meskipun demikian, dari info yang didapat sementara, varian Omicron cenderung lebih tidak semematikan varian Delta. Hal ini dikarenakan pada kali ini, sebagian besar dari kita sudah menjalani vaksin. Akan tetapi, hal ini kemudian menimbulkan kelengahan di masyarakat. Banyak masyarakat yang merasa bahwa jika dirinya sudah divaksin maka dia bebas ke mana pun.

Karena hal ini, mahasiswa dari Universitas Diponegoro yang sedang melaksanakan kegiatan KKN di kelurahan Mlatiharjo memberikan edukasi kepada masyarakat di RW1 pada tanggal 28 Januari 2022 untuk menambah pengetahuan serta kewaspadaan dari warga setempat  mengenai varian baru Omicron ini serta mengingatkan kepada warga untuk tidak lengah meskipun telah divaksin. Kegiatan dilakukan setelah dilakukannya acara Pemeriksaan Jentik Nyamuk di Kelurahan Mlatiharjo, secara door-to-door. 

Penyerahan Poster Varian Omicron kepada Ibu Susi RW 1

Selain memberikan pemaparan, dari Tim 1 ini juga dilakukan pemasangan poster yang berisikan informasi terkait Omicron sehingga warga bisa melihatnya kapan saja serta pembagian booklet yang berisi mengenai panduan untuk mengikuti vaksin booster, dan pembagian starter kit pack yang berisi masker, sabun cair, serta stiker kepada warga setempat.


Kegiatan KKN ini sangat didukung oleh pemerintah desa, diharapkan dengan dilaksanakannya salah satu kegiatan KKN ini, diharapkan warga dari kelurahan Mlatiharjo tetap waspada akan pandemi yang sedang berlangsung dan tetap mentaati protokol kesehatan yang ada demi kebaikan antar sesama dan keluarga.