Awas, Narkoba Mengintai! Mahasiswa KKN Undip Melakukan Edukasi Bahaya Narkoba

Semarang (12/02/2022)- Seperti yang kita ketahui, permasalahan penyalah gunaan narkoba tidak dapat diatasi hanya dengan melakukan pemberantasan saja. Dalam upaya menghentikan peredaran narkoba, perlu juga dilakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat luas, sehingga masyarakat dapat mengetahui dan memiliki persepsi yang sama akan bahaya dari penggunaan narkoba sehingga dapat mewaspadai narkoba di lingkungan sekitar. Berdasarkan hal tersebut, mahasiswa KKN Undip Tim I Undip melaksanakan kegiatan KKN dengan program kerja edukasi bahaya narkoba di Kelurahan Mlatibaru, Kota Semarang.
Penyalahgunaan nakoba masih menjadi permasalahan yang serius di tengah masyarakat. Bahaya narkoba dapat mengintai siapa saja, tidak sedikit public figure yang baru-baru ini terjerat kasus narkoba. Padahal dampak negatif yang dapat disebabkan dari penggunaan narkoba bagi kesehatan begitu banyak. Narkoba memiliki bebagai bentuk dan memang menawarkan kenikmatan sesaat. Namun, efek buruk dari pengguaannya jauh lebih besar karena dapat mempengaruhi kesehatan tubuh.

Edukasi dan sosialisasi dilakukan secara door-to-door dengan memperhatikan protokol kesehatan, memberikan informasi mengenai bahaya narkoba. informasi yang disampaikan juga melalui handbook yang dibagikan kepada masyarakat secara langsung.

Penulis : Neli Niswati – Ilmu Perpustakaan
DPL : Dr. Naniek Utami Handayani., S.Si., MT
Kelurahan Mlatibaru, Kecamatan Semarang Timur, Kota Semarang, Jawa Tengah