Mahasiswa KKN Tim 1 Universitas Diponegoro Melakukan Inovasi Digitalisasi Peta Persebaran Fasilitas Umum Berbasis WebGIS Di RW 01 Kelurahan Kalipancur

Semarang (29/1) – Sustainable Development Goals (SDGs) memiliki 17 tujuan yang akan dicapai. Sesuai dengan tujuan SDGs pada nomor 11 yaitu Sustainable Cities and Communities dimana tujuan tersebut untuk membangun kota dan pemukiman yang inklusif, aman, tangguh dan berkelanjutan. Sebuah kota terdiri dari komponen terkecil yaitu desa/kelurahan, untuk mewujudkan sebuah kota yang berkelanjutan maka dimulai dari pengelolaan desa/kelurahan yang terlebih dahulu.

Peta merupakan sebuah sarana perencanaan dasar dari pembangunan berkelanjutan, sehingga eksistensi peta desa/kelurahan dalam ranah lingkungan administrasi publik sangatlah penting. Didalam dunia digital saat ini sangat berperan dalam berbagai aspek kehidupan, salah satunya dalam dunia pemetaan. Pada era ini, peta dapat disajikan dalam bentuk digital yang dapat diakses secara online oleh semua orang dengan mudah. Pemetaan berbasis online dapat dilakukan dengan menerapkan WebGIS. WebGIS adalah aplikasi digital yang menggunakan jaringan internet untuk mengkomunikasikan dan mempublikasikan suatu peta. WebGIS tidak hanya berisi mengenai peta namun didalamnya juga terdapat informasi atau riwayat mengenai peta tersebut.

Peta berbasis WebGIS dapat diimplementasikan dalam banyak sektor, contohnya adalah Peta Persebaran Fasilitas Umum yang ada di RW 01 Kelurahan Kalipancur. Fasilitas umum adalah fasilitas yang diadakan untuk kepentingan umum. Peta berbasis WebGIS ini dapat menunjang mutu dan kualitas dengan digitalisasi yang juga dapat mempermudah dalam pendataan Fasilitas Umum yang ada di RW 01 Kelurahan Kalipancur.

Fasilitas Umum yang ada di Kelurahan Kalipancur menjadi target dalam program kerja pembuatan WebGIS oleh KKN Tim 1 Universitas Diponegoro tahun 2022. Latar belakang program kerja pembuatan WebGIS pada Kelurahan Kalipancur karena kelurahan tersebut memiliki banyak Fasilitas Umum yang sangat berpotensi namun kurangnya pendataan serta sulitnya tingkat aksesibilitas menyebabkan masih banyak yang belum mengetahui keberadaan Fasilitas Umum yang ada di Kelurahan Kalipancur.

Peta Persebaran Fasilitas Umum RW 01 Kelurahan Kalipancur Berbasis WebGIS

Kelebihan dari Peta Persebaran Fasilitas Umum Berbasis WebGIS ini diantaranya adalah bisa menjangkau pengguna yang luas bahkan seluruh dunia dengan biaya yang cukup murah, pengguna tidak perlu perangkat lunak khusus, cukup menggunakan internet browser, bisa menyajikan peta interaktif seperti halnya menggunakan perangkat lunak GIS desktop dan tidak tergantung dari sistem operasi sehingga bisa dioperasikan pada semua komputer dengan berbagai sistem operasi.

Dengan adanya Peta Persebaran Fasilitas Umum Berbasis WebGIS ini diharapkan dapat membantu dalam permasalahan yang ada di Kelurahan Kalipancur. Serta dapat melakukan pendataan persebaran fasilitas umum yang ada di Kelurahan Kalipancur. Dan juga mendukung adanya digitalisasi dalam persoalan peta di Indonesia.

Penulis : Anggi Alwi Nugroho / Teknik Geodesi 2018 / Fakultas Teknik

DPL.   : Sukiswo, S.T., M.T.