Cepat Tanggap! Mahasiswa KKN UNDIP Menghadapi Angka Kenaikan Omicron Dengan Sosialisasi Kepada Warga Randugarut

Virus COVID-19 kembali meresahkan warga dunia, tak terkecuali Indonesia sendiri. Kasus Virus Omricon sendiri pertama masuk ke Indonesia pada tanggal 27 November 2021 berasal dari WNI yang baru saja kembali dari Nigeria. Varian Omricon dinilai lebih berbahaya dari pada varian Delta, karena memiliki tingkat penularan yang lebih tinggi. Per Rabu (9/02) Sudah tercatat ada 4.328 kasus, meningkat sebanyak 209 kasus dibandingkan dengan hari sebelumnya. Tercatat peningkatan kasus Omricon mingguan sebesar 100,74% di Indonesia dan menempatkan Indonesia sebagai urutan pertama di Asia Tenggara dengan kasus Omricon tertinggi. Kasus COVID-19 secara menyeluruh di Indonesia juga kembali meningkat, mencapai 37.492 kasus, baik kasus aktif ataupun yang sudah pulih.
Menanggapi perihal tersebut, keresahan dan kesadaran masyarakat akan COVID-19 meningkat. Oleh karena itu mahasiswa KKN UNDIP ikut serta dalam mencerdaskan dan melakukan penyuluhan mengenai varian baru serta pentingnya vaksin booster bagi warga Randugarut. Hal ini penting dilakukan karena sudah tercatat terdapat 2 warga dari Kelurahan Randugarut yang terkena virus COVID-19 varian Omricon.
Sosialisasi COVID-19 dilakukan pada Minggu (23/01/2022) berlokasi di kantor Kelurahan Randugarut pada pukul 09.00 s.d. 10.00 WIB. Sosialisasi ditujukan pada rekan Karang Taruna Hal ini sengaja ditujukan untuk kaum remaja dewasa yang terbilang lebih aktif berpergian melakukan sosialisasi dengan banyak orang agar tetap dan lebih waspada akan penyebaran COVID-19, serta pencerdasan akan vaksin booster.
Antusias dan timbal balik dari peserta sosialisasi terbilang cukup baik. Sekitar 20 rekan karang taruna Kelurahan Randugarut turut serta meramaikan pencerdasan ini. Para remaja juga aktif dalam bertanya dan memberikan infomarsi tambahan mengenai COVID-19. Acara ditutup dengan sesi foto bersama sebagai kenang-kenangan dari Tim I KKN UNDIP 2021/2022.

Penulis : Patrick Ekklesio H. Dachi
Dosen Pembimbing : Ir. Ibnu Pratikto, M. Si.