Home » beranda » Yuk, Jadi Penonton Pintar!

Yuk, Jadi Penonton Pintar!

TAYU – Saat ini, media menjadi kebutuhan yang cukup vital bagi masyarakat. Tidak hanya media informasi dan berita, tetapi juga media yang bersifat hiburan. Selain media online atau media sosial, televisi termasuk media yang tidak pernah kekurangan peminat. Penggunanya pun sangat beragam. Mulai dari orang dewasa hingga anak-anak. Hal seperti inilah yang perlu dikritisi masyarakat kita. Usia anak-anak hingga remaja merupakan kelompok usia yang cukup rentan dalam menerima terpaan media. Jika tidak mendapat pendampingan, sangat mungkin terjadi penerimaan terpaan yang bersifat negative. Mulai dari meniru adegan kebiasaan buruk, percintaan, hingga kekerasan.

Hal ini yang juga beberapa kali terjadi di Desa Jepat Kidul. Kebanyakan tayangan tersebut diterima mentah-mentah oleh anak-anak ini. Setelah tayangan diterima mentah-mentah, kebanyakan anak-anak akan memproses informasi dengan pemahaman mereka yang terbatas tanpa berkonsultasi dengan orangtua mereka.

Malu bertanya, sesat di jalan. Peribahasa yang cukup klise, namun menjadi kenyataan terjadi di Desa Jepat Kidul. Anak-anak ini kebanyakan malu jika harus menanyakan perihal tayangan atau adegan yang mereka tonton di televisi.

Melihat permasalahan tersebut, tim KKN Desa Jepat Kidul akhirnya tergerak untuk memberikan sosialisasi seputar literasi media kepada teman-teman di SD Jepat Kidul pada Senin (31/7). Teman-teman kecil ini pun tampak antusias dan menyambut materi yang disampaikan oleh Nafisa Nurul Adina, atau Nafisa, dari jurusan Komunikasi.

20170731_082420-01

Beberapa materi yang disampaikan di antaranya, perihal waktu yang tepat untuk menonton televisi, simbol-simbol televise seperti R, D, dan BO, serta betapa pentingnya pendampingan orangtua selama menonton televisi. Setelah memberikan materi, tim KKN Jepat Kidul juga mengajak teman-teman SD Jepat Kidul menonton film kartun bersama-sama, sembari menjelaskan ketika ada adegan-adegan yang butuh pembimbingan.

Teman-teman SD Jepat Kidul mengaku sangat senang dengan kegiatan yang dilakukan oleh tim KKN Desa Jepat Kidul ini. Terlebih, tim KKN Desa Jepat Kidul juga memberikan hadiah berupa buku cerita anak-anak dengan gambar menarik untuk para siswa yang bisa menjawab pertanyaan seputar materi dengan benar. Dengan adanya distraksi dari media lain, dalam hal ini media buku cerita, maka anak-anak akan mengurangi ketergantungan dengan televisi