Home » beranda » Miliki Izin UMKM, Mengapa Tidak?

Miliki Izin UMKM, Mengapa Tidak?

TAYU – Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan wadah yang sangat tepat untuk mengembangkan potensi milik masyarakat urban atau sub-urban. Dengan memiliki UMKM, para warga memiliki kesempatan untuk bisa mempromosikan potensi yang mereka serta desa mereka miliki.

Di Desa Jepat Kidul sendiri, UMKM yang ada pun sangat berpotensi. UMKM ini di antaranya ada kerupuk seafood dengan rasanya yang khas dan tidak akan bisa ditemui di mana pun, kacang telur yang lezat dan manisnya pas, ceriping pisang yang gurih, lezat, dan renyah, serta ada kerajinan tas yang terbuat dari tali kur.

20170725_185831 20170715_101143

Namun, ada yang cukup disayangkan, karena dari semua UMKM ini, belum ada satu pun yang memiliki izin usaha. Ketika tim KKN Desa Jepat Kidul menghampiri para pemilik UMKM ini satu per satu pada Selasa (1/8), ternyata diketahui tidak ada satu pun yang pernah mencoba mengurus izin UMKM. Sebagian besar dari mereka merasa awam untuk membuat izin, dan ada juga yang merasa nyaman untuk meneruskan usaha tanpa harus memiliki izin usaha.

Sementara, banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan dengan adanya izin usaha. Dengan adanya izin usaha, akan lebih mudah untuk mendapatkan lebih banyak modal maupun melakukan kredit usaha. Selain itu, jika ingin melebarkan usaha kepada sector lain yang lebih luas, atau pasar yang lebih besar pun, akan lebih terpercaya kredibilitasnya.

20170715_104706 20170715_102059

Untuk itulah, tim KKN Desa Jepat Kidul memberikan sosilasisasi seputar izin usaha. Sosialisasi ini disampaikan oleh Maria Victoria dari jurusan Hukum serta Indri Setiawati dari jurusan Administrasi Publik. Keduanya sangat telaten dalam mengecek semua perizinan dan menyampaikan sosialisasi dengan begitu menarik, sehingga para pemilik UMKM ini akhirnya jadi tertarik ketika mendengar hal ini. Mereka menjadi tergerak untuk menerbitkan izin usaha mereka. Mereka mengaku belum pernah mendengar atau mengetahui tentang hal ini sebelumnya. Beberapa dari mereka bahkan menghaturkan terima kasih kepada tim KKN Desa Jepat Kidul karena telah dibukakan wawasan tentang izin UMKM ini.

Selain itu, mereka menjadi lebih antusias lagi ketika tim KKN Desa Jepat Kidul menunjukkan contoh-contoh packaging yang menarik dan ternyata dalam pembuatannya cukup mudah serta tidak memakan biaya yang terlalu besar. Lebih tertarik lagi, ketika mengetahui semua design bisa dibuatkan oleh tim KKN Desa Jepat Kidul. Yah, mari kita doakan sama-sama, agar UMKM warga Desa Jepat Kidul bisa semakin berkembang, ya!

 

Penulis: Nafisa Nurul Adina