Home » beranda » Yuk, Dampingi Anak Nonton TV!

Yuk, Dampingi Anak Nonton TV!

TAYU – Setelah sebelumnya tim KKN Desa Jepat Kidul memberikan sosialisasi tentang pentingnya memilih tayangan televise di SD Jepat Kidul, kali ini tim KKN Desa Jepat Kidul memaparkan materi kepada para ibu di desa ini. Ya, selain mengarahkan anak-anak, tentunya orang tua juga memegang peranan yang sangat penting, kan?

Ketika menonton televisi, anak-anak cenderung akan menebak-nebak sendiri makna dari adegan yang ditampilkan. Atau, ketika mereka akhirnya penasaran, adegan-adegan tersebut jadi terekam dalam memori mereka dan sewaktu-waktu dapat dipraktekkan. Di sinilah seharusnya terdapat peran orangtua untuk membimbing atau menemani anak-anak mereka dalam menyerap makna dari tayngan televise yang mereka tonton.

Untuk itulah, Nafisa Nurul Adina atau Nafisa dengan latar belakang jurusan Komunikasi, berusaha mengajak para orangtua, khsusunya para Ibu yang memiliki lebih banyak waktu bersama anak mereka dibanding para ayah, untuk mendampingi anak-anak mereka menonton televisi. Dalam program yang dilaksanakan pada Senin (3/8) ini, Nafisa juga memaparkan beberapa kasus sebagai dampak dari penyerapan anak mentah-mentah dalam menonton tayangan televisi. Para ibu terlihat terkejut ketika dipertontonkan contoh kasus seperti beredarnya foto-foto anak SD yang sedang berpacaran dengan menulis caption “Udah mirip sama si Boy nih. Tinggal minta beliin ninja aja sama mama.” Boy yang dimaksud merupakan salah satu tokoh dalam sinetron televise yang cukup terkenal.

Selain itu, semua peserta program mendapat stiker dengan design yang menarik, berisi ajakan menjadi penonton pintar untuk ditempel di televise masing-masing. Para ibu tampak antusias dan banyak dari para ibu ini mngatakan tidak sabar untuk segera memberikan pendampingan kepada anak-anak mereka dalam menonton televisi.