PEMBUATAN PETA PERSEBARAN UMKM DI WILAYAH RW 1 DESA MOJOREJO

Salah Satu UMKM di wilayah RW 01 Desa Mojorejo

Sukoharjo (12/02/2022)- UMKM merupakan usaha perdagangan yang dikelola oleh badan usaha atau perorangan yang merujuk pada usaha ekonomi produktif sesuai dengan kriteria yang ditetapkan oleh Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008. UMKM memiliki peran penting dalam perekonomian negara karena sektor ini merupakan penyumbang PDB terbesar, dan relatif tahan terhadap krisis keuangan. UMKM sendiri terdiri dari 3 jenis yaitu usaha mikro, usaha kecil dan usaha menengah.

Menurut Undang-Undang No 20 Tahun 2008. Usaha mikro diartikan sebagai usaha ekonomi produktif yang dimiliki perorangan maupun badan usaha sesuai dengan kriteria usaha mikro, contoh usaha mikro antara lain warung kopi, pedagang di pasar dan lain sebagainya. Usaha kecil  adalah suatu usaha ekonomi produktif yang independen atau berdiri sendiri baik yang dimiliki perorangan atau kelompok dan bukan sebagai badan usaha cabang dari perusahaan utama, contohnya antara lain tempat makan, bengkel, tempat fotocopy dll. Usaha menengah adalah usaha dalam ekonomi produktif dan bukan merupakan cabang atau anak usaha dari perusahaan pusat serta menjadi bagian secara langsung maupun tak langsung terhadap usaha kecil atau usaha besar dengan total kekayan bersihnya sesuai yang sudah diatur dengan peraturan perundang-undangan contohnya adalah tempat makan besar, perusahaan pembuat roti, toko bangunan, dll.

Pada KKN sekarang salah satu tema yang diangkat adalah mengenai SDGs. Salah satu tujuan pembuatan peta dalam mengkomunikasikan informasi muka bumi secara efektif, informatif dan komunikatif kepada pemakai peta. Untuk dapat mencapai sasaran yang diinginkan tersebut, diperlukan suatu disain peta yang berhubungan dengan penampilan grafis (graphic) suatu informasi muka bumi pada selembar peta. Peta dapat digunakan sebagai sarana pendukung dalam mewujudkan tujuan SDGs dalam meningkatkan perekonomian desa.

Hal tersebut menjadi dasar pembuatan Peta Persebaran UMKM oleh  mahasiswa KKN Undip guna mencapai tujuan SDGs salah satunya dengan meningkatkan perekonomian warga. Menggunakan peta dapat dilakukan penyebarluasan mengenai UMKM di wilayah RW 01 Desa Mojorejo.

Peta Persebaran UMKM

Peta persebaran UMKM ini dibuat karena belum ada pendataan mengenai UMKM di desa Mojorejo, sehingga peta dapat digunakan sebagai visualisasi. Selanjutnya setelah selesai peta akan diserahkan kepada pihak RW 01 Desa Mojorejo untuk dapat digunakan dengan baik. Kedepannya semoga program kerja ini dapat bermanaat bagi warga Dukuh Mojorejo dalam pemetaan UMKM.

Penulis : Novita Putri Dian Pertiwi (Teknik Geodesi, Fakultas Teknik)

DPL : Muhyidin,S.Ag.,M.Ag.MH

Lokasi : Desa Mojorejo, Kecamatan Bendosari, Kabupaten Sukoharjo