Mudahkan Pencarian Informasi Desa Wisata Petarangan, Mahasiswa KKN UNDIP Lakukan Pembuatan Website

Temanggung (12/2) – Mahasiswa Universitas Diponegoro angkatan 2018 melakukan pengabdian di Desa Petarangan, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung dari tanggal 5 Januari 2022 hingga 15 Februari 2022 dalam program mata kuliah KKN. Berbagai program kerja baik individu maupun kelompok dilakukan demi berkembangnya Desa Petarangan. Salah satu program kerja individu adalah situs website yang dibuat dan dikembangkan oleh mahasiswa.

Desa Petarangan memiliki berbagai macam potensi yang dapat terus dikembangkan dan dipublikasikan kepada masyasrakat umum. Sebelum pembuatan website, mahasiswa KKN melakukan observasi di Desa Petarangan terlebih dahulu dan berdasarkan pemaparan dari Sekretaris Desa, Desa Petarangan sedang dalam fase pengembangan Desa Wisata Petarangan dan masih membutuhkan berbagai poin untuk melengkapi kriteria desa wisata dimana salah satunya adalah website dan media sosial sebagai sarana untuk promosi serta publikasi.

Era globalisasi membuat kemajuan teknologi berkembang dengan pesat. Tentunya kebutuhan informasi untuk masyarakat juga semakin besar. Belum adanya website desa wisata petarangan, penulis berinisiatif untuk membuat website desa sekaligus membantu dalam pemenuhan kebutuhan penilaian desa wisata. Sebenarnya website ini penting dimiliki oleh setiap desa, sehingga masyarakat pun bisa dengan mudah mengakses informasi yang terdapat di Desa Petarangan.

Website yang telah dibuat dapat menyumbang tulisan yang dapat dimasukkan ke dalam website desa tersebut. Website Desa Wisata Petarangan berisikan informasi mengenai kesenian, potensi lokal desa wisata, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan sebagainya. Sehingga masyarakat lokal pun dapat mempromosikan usaha UMKM dan potensi lokal desa petarangan agar dapat dikenal oleh banyak orang.

Tim 1 KKN Desa Petarangan serta penulis berharap website desa ini dapat dimanfaatkan secara maksimal dan dikelola dengan baik oleh karang taruna Desa Petarangan. Sehingga informasi mengenai Desa Petarangan dapat meluas dan mudah ditemukan oleh pengguna sosial diluar Kawasan Desa Petarangan.

Website resmi Desa Wisata Petarangan dapat diakses melalui laman

www.desapetarangantmg.com

Penulis : Ruth Verelia Dewayanti

Editor : Ruth Verelia Dewayanti