Berperan Aktif Cegah Penyalahgunaan Narkoba, Mahasiswa UNDIP Perkenalkan Bahaya Narkoba Sejak Dini

Foto Bersama setelah Kegiatan Sosialisasi Bahaya Penyalahgunaan Narkoba

Kelurahan Meteseh, Tembalang (12/02/2022). Penyalahgunaan narkoba di Indonesia masih terbilang cukup tinggi. Hal tersebut terjadi karena belum adanya pengetahuan dan kesadaran akan bahaya dari penyalahgunaan narkoba. Oleh karena itu, diperlukan sosialisasi mengenai bahaya penyalahgunaan narkoba, khususnya generasi muda, karena generasi muda paling rentan dalam penyalahgunaan narkoba.
Berdasarkan Undang-undang No.35 tahun 2009 narkoba sendiri merupakan singkatan dari Narkotika, Psikotropika, dan obat-obatan terlarang. Narkotika akan mempengaruhi susunan saraf yang dapat membuat kita tidak merasakan apa-apa, bahkan bila bagian tubuh kita disakiti sekalipun. Semua jenis narkoba merupakan obat-obat terlarang dan sangat berbahaya bagi tubuh.

Kegiatan Sosialisasi Bahaya Penyalahgunaan Narkoba

Pengetahuan mengenai bahaya penyalahgunaan narkoba, harus dilakukakan sejak dini, Oleh karena itu, mahasiswa KKN UNDIP TIM 1 tahun 2021/2022 memilih melakukan kegiatan sosialisasi kepada anak SMP yaitu di MTs Taqwal Ilah. Kegiatan ini berlangsung pada hari Kamis, 27 Januari 2022. Pemaparan materi dilakukan secara informatif dan sesederhana mungkin sehingga anak dapat memahami dengan baik. Pemaparan juga dihadirkan dengan game dan kuis sehingga anak-anak tidak mudah cepat bosan.
Pada akhir acara, mahasiswa mengingatkan agar tidak mencoba mengkonsumsi narkoba dan sejenisnya, karena akan berbahaya bagi kesehatan dan merusak generasi muda. Diharapkan dengan kegiatan sosialisasi ini, anak-anak dapat memahami sehingga dapat terhindar dari penyalahgunaan narkoba.

Reporter : Luqman Nashirudin Nafiq (S1 Arsitektur, Fakultas Teknik)
DPL : Dra. Dewi Rostyaningsih, Msi

KKNTimIUNDIP2022 #UNDIP #P2KKN #LPPMUNDIP #KKNUNDIP2022 #PotensiDesa