Ajak Remaja Cegah Narkoba, Mahasiswa KKN Undip Berikan Tips Menghindari Narkoba

Sosialisasi Tips Menghindari Narkoba pada Remaja

Grobogan (13/02/2022) – Selama masa pandemi Covid-19 kasus penyalahgunaan narkoba meningkat di Indonesia, termasuk pada kalangan remaja. Kelompok usia remaja cenderung memiliki keinginan untuk mencoba-coba, mengikuti trend dan gaya hidup, serta bersenang-senang. Hal ini menyebabkan remaja menjadi mudah terdorong dan rawan terpapar penyalahgunaan narkoba. Selain itu, remaja yang terpapar narkoba lebih rentan sebagai pengguna jangka panjang sehingga penyalahgunaan narkoba pada remaja dapat berdampak pada masa depannya.

Mahasiswa KKN Tim I UNDIP 2022, Maulina Annis Sholehah dari prodi Ilmu Gizi, yang dibimbing Ibu Dr. Cahya Tri Purnami, S. KM., M.Kes., merespons hal tersebut dengan mensosialisasikan tips untuk menghindari narkoba pada remaja Karang Taruna Dusun Batang, Desa Taruman. Tujuan dari sosialisasi ini yaitu untuk memberikan pemahaman pada remaja mengenai bahaya dan cara untuk menghindari narkoba. Sosialisasi dilakukan melalui video edukasi dengan materi yang disampaikan berupa risiko penyalahgunaan narkoba dan tips untuk menghindari narkoba. Video edukasi selanjutnya juga diunggah pada Kanal Youtube KKN Desa Taruman agar video dapat selalu diakses dimana saja dan kapan saja. Berikut merupakan tautan yang dapat digunakan untuk mengakses video edukasi tips menghindari narkoba :

Selama sosialisasi berlangsung, para remaja antusias menyimak materi yang diberikan karena sebelumnya belum pernah memperoleh edukasi narkoba. Dari kegiatan sosialisasi tersebut, para remaja sudah dapat memahami bahaya dan cara menghindari narkoba. Dengan begitu, diharapkan para remaja akan mengambil langkah preventif agar terhindar dari penyalahgunaan narkoba.

Penulis : Maulina Annis Sholehah

DPL : Dr. Cahya Tri Purnami, S. KM., M.Kes.

Lokasi KKN : Dsn. Batang, Desa Taruman, Kec. Klambu, Grobogan, Jawa Tengah