PHBS : POLA HIDUP BERSIH DAN SEHAT, APA PENTINGNYA YA?

Penayangan video PHBS via Youtube

Semarang (11/02/22) – – Kesehatan merupakan hal yang sangat penting untuk kita perhatikan, apalagi pada saat masa pandemi corona seperti sekarang ini. Masih banyak orang yang acuh terhadap pentingnya menjaga kesehatan diri sendiri, keluarga maupun lingkungan sekitarnya, sehingga banyak orang menjadi sakit. Untuk itu diperlukannya informasi yang tepat dan dikemas secara lebih menarik agar poin pentingnya menjaga Kesehatan dapat diraih oleh semua kalangan, baik dari orang dewasa, pemuda, remaja, bahkan anak kecil sekalipun. Bernice Christa Harnima, mahasiswa KKN Universitas Diponegoro membuat suatu penyuluhan dengan metode yang lebih menarik dan interaktif sehingga partisipan yang ikut serta tidak akan merasa jenuh dan diharapkan menjadi lebih paham karena bahasannya yang lebih ringan namun penting. Kegiatan sosialisasi interaktif ini dihadiri banyak pihak, peserta sebanyak 19 Orang baik tingkat kelurahan, PKK RW 09, warga dan anak-anak di Kelurahan Karangroto.

            Penyakit serta virus dapat datang darimana saja, terlebih lagi pada saat wahah ini banyak factor yang dapat menyebabkan penyakit, udara, makanan, lingkungan yang kurang bersih, dan lain sebagainya. Diperlukannya kepedulian social dari orang sekitar untuk menjaga diri agar tetap sehat dan terhindar dari penyakit dan segala bentuk gejalanya. Terdapat banyak golongan masyarakat yang tinggal dalam suatu daerah dengan karakteristik pribadi yang berbeda-beda pula, tantangannya bagaimana menjadikan pribadi yang berbeda ini menjadi satu presepsi sehingga kesetaraan kesehatan di lingkungan menjadi terdampak.

            Program ini dilakukan pada hari Minggu (30/01/22) di Posyandu RW 09 Kelurahan Karangroto, dengan perizinan ibu Narsih sebagai Ibu RW dan ketua PKK RW 09. Program sosialisasi ini berlangsung dari pukul 09.00-11.15 WIB dan dihadiri oleh 19 Peserta, diantaranya Ibu Lurah dan Perangkat Kelurahan, Ibu Narsih selaku Ketua PKK RW 09, dan ibu-anak warga RW 09. Dilakukan serangkaian kegiatan dalam sosialisasi kali ini, dan disambung dengan penayangan video interaktif yang telah dirancang dan dibuat, kemudian ditutup oleh sesi tanya jawab. Dalam penyampaian dan penayangan video interaktif mengenai Pola Hidup Bersih dan Sehat, secara langsung pula dipaparkan Mengenai Langkah-langkah baik menjalankan Good Habits agar terhindar dari penyakit serta menjadikan kualitas hidup lebih baik. Dan setelah penayangan video selesai kemudian ditutup.

            Banyak poin penting yang telah partisipan dapat dan mengerti, sehingga pesan yang terdapat dalam video interaktif pun bisa tersampaikan. Partisipan memahami pentingnya menjaga pola hidup, bukan hanya terhindar dari penyakit dan virus, namun dapat pula menaikan kualitas hidup agar menjadi lebih Bahagia. Salah satunya dari ibu Narsih, beliau berkata, “Sudah banyak sekali gagasan mengenai Pola Hidup Bersih dan Sehat, namun pada implikasinya memang masih belum terjamah, sehingga kemungkinannya akan menjadi kecil. Dengan adanya video interaktif ini, diharapkan warga menjadi lebih mudah mengerti dan tertib menjaga kesehatan”.

            Harapannya untuk program kerja kedepan, dibuat lebih dari satu video, dibagi per jangkauan usia, agar penjelasan video didalamnya lebih terinci. Kesehatan memang bisa datang darimana saja, namun diri pribadi yang menjadi penentu apakah kita mau berubah demi masa depan, atau hanya berdiam diri mengikuti alur yan entah membawa kita kemana.

Bernice Christa Harnima

24030118130077

Kimia/Sains dan Matematika

#KKNTimIUNDIP2022

#UNDIP

#P2KKN

#LPPMUNDIP

#KKNUNDIP2022

#PotensiDesa