Mahasiswa KKN UNDIP Lakukan Sosialisasi pentingnya Penerapan PHBS ( Perilaku Hidup Bersih dan Sehat ) di Masa Pandemi Covid-19

Pelaksanaan KKN Tim I UNDIP 2021/2022

Sosialisasi Pentingnya Penerapan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) Di Sekolah

Sukorejo, Kota Semarang (10/02/2022) – – Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) adalah program khusus dari pemerintah Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat Indonesia secara keseluruhan. Manfaat dari PHBS adalah tidak mudah sakit, anak tumbuh sehat dan cerdas, anggota keluarga giat bekerja.

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Sekolah adalah sekumpulan perilaku yang dipraktikkan oleh peserta didik, guru dan masyarakat lingkungan sekolah atas dasar kesadaran sebagai hasil pembelajaran, sehingga secara mandiri mampu mencegah penyakit, meningkatkan kesehatannya, serta berperan aktif dalam mewujudkan lingkungan sehat.

Usia sekolah merupakan masa keemasan untuk menanamkan nilai-nilai perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) sehingga berpotensi sebagai agen perubahaan untuk mempromosikan PHBS, baik dilingkungan sekolah, keluarga dan masyarakat. Munculnya sebagai penyakit yang sering menyerang anak usia sekolah (usia 6-10), ternyata umumnya berkaitan dengan PHBS.

Oleh karena itu, untuk menanamkan nilai-nilai PHBS disekolah mahasiswa KKN Undip Tim I 2021/2022 melakukan Sosialisasi tentang pentingnya penerapan PHBS di Masa Pandemi kepada Siswa SDN Sukorejo 03. Sosialisasi dilaksanakan pada Jum’at, 4 Februari 2022 di SDN Sukorejo 03. Selama penyuluhan luring kami selalu menerapkan Protokol Kesehatan 5M demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Dengan adanya program ini, diharapkan setiap individu atau masyarakat menjadi sadar kesehatan dan mampu menjalankan perilaku bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari (Personal Hygiene) khususnya di lingkungan sekolah.

Penulis : Siti Devia Muhdhorifatus Sholeha – S1 Kesehatan Masyarakat – Universitas – Diponegoro

Dosen Pembimbing Lapangan : Dra. Dewi Rostyaningsih, M.Si