Mahasiswa KKN UNDIP Beri Edukasi Pemilihan Daging Unggas dan Ruminansia yang Layak Konsumsi

KENDAL (30/01/2022) – Daging merupakan bahan pangan dengan sumber protein esential, sehingga sangat dibutuhkan oleh manusia. Daging sangat rentan terkontaminasi patogen yang dapat mengakibatkan paparan penyakit apabila di konsumsi. Kualitas daging dipengaruhi oleh bagaimana cara penanganan daging tersebut, sehingga penanganan yang buruk akan mengakibatkan kualitas daging juga buruk. Tak jarang harga daging yang naik di pasaran serta meningkatnya permintaan akan kebutuhan daging oleh masyarakat, mengakibatkan munculnya praktik curang oleh pedagang yang tidak bertanggung jawab. Contoh praktik curang yang dilakukkan yaitu melakukkan penggelonggongan sapi sebelum disembelih, menjual daging ayam tiren atau menjual daging aya formalin. Aktivitas praktik curang tersebut mengakibatkan turunnya nilai gizi, kualitas dan daging menjadi tidak halal, sehingga tidak layak untuk dikonsumsi.

            Masyarakat Dusun Wonokerso, Desa Sumberahayu, Kecamatan Limbangan memiliki kesadaran yang rendah dalam memilih daging yang layak konsumsi. Hal tersebut mendorong dilakukkannya kegiatan “ Edukasi pemilihan daging ayam, kambing, domba, sapi dan kerbau yang aman, sehat, utuh dan halal”. Target kegitana ini adalah ibu – ibu Dusun Wonokerso dan pelaksanaan program dilakukkan di Rumah Ibu Mus RT 001, Dusun Wonokerso, Desa Sumberahayu, Kecamatan Limbangan pada hari Minggu, 30 Januari 2022. Program edukasi dilakukkan dengan membagilan leaflet dan sesi tanya jawab dengan ibu – ibu sehingga diharapkan dapat menambah pemahaman masyarakat Dusun Wonokerso dalam memilih daging yang layak konsumsi.


Kegiatan edukasi pemilihan daging unggas dan ruminansia yang aman, sehat, utuh dan halal (ASUH) kepada Ibu – Ibu
Leaflet ang dibagikan kepada Ibu – Ibu

Edukasi yang dilakukkan diharapkan bisa membantu para ibu – ibu Dusun Wonokerso dalam memilih daging unggas dan ruminansia yang layak konsumsi dengan kualitas baik dan dengan informasi yang telah dimiliki dapat terhindar dari kecurangan yang biasa dilakukkan oleh pedagang daging tidak bertanggung jawab. Kegiatan Edukasi berjalan dengan baik dan sambutan para ibu sangat antusias dalam menerapkan cara pemilihan yang aman, sehat, utuh dan halal. “Saya sangat senang dan berterima kasih karena mbak KKN melakukkan kegiatan yang sangat bermanfaat dan dapat membantu ibu – ibu untuk lebih paham cara memilih daging yang baik” ucap Bu Endang salah satu ibu – ibu. “ Bagus mbak, saya sendiri sering resah kalau membeli daging disaat harga tinggi, kadang ada saja akal akalan penjual, seperti di suntik air agar bobotnya tambah, yang lebih ngeri kalau yang dijual itu ayam formalin”, ucap Bu Wariyanti.

Penulis             : Nova Mega Suswati

DPL                : Dr. Ir. Cahya Setya Utama, S.Pt., M.Si,. IPM