Melalui Storytelling Cerita Folklor, Mahasiswa KKN Tim I Undip 2022 Siap Membentuk Karakter pada Anak Sekolah Dasar di Kelurahan Kalisegoro
Semarang (13/02/22) – Masa pandemi Covid-19 memang memberikan dampak luar biasa. Perubahan pola pendidikan dari yang tatap muka (langsung) menjadi sistem daring lambat laun memengaruhi kondisi psikologis peserta didik khususnya dalam hal pendidikan karakter yang biasa diterima di sekolah. Bahkan, kebijakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas yang diterapkan sekarang pun dirasa masih belum mampu meningkatkan capaian kualitas pembelajaran. Oleh karena itu, perlu dilakukan penerapan pendidikan karakter di masa pandemi Covid-19 bagi anak-anak.
Mahasiswa KKN Tim 1 Universitas Diponegoro tahun 2022 dalam kegiatannya telah melaksanakan pembelajaran pendidikan karakter melalui folklor (dongeng) yang diikuti oleh murid kelas III di SD Negeri Kalisegoro, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang, pada hari Senin (24/01).

Program ini merupakan sebuah upaya pemenuhan salah satu tujuan SDGs tepatnya pada poin 4 yaitu “Menjamin kualitas pendidikan yang inklusif dan merata, juga mendukung kesempatan belajar seumur hidup bagi semua” dengan memberikan pembelajaran pendidikan karakter pada anak SD di Kelurahan Kalisegoro, Gunungpati yang dikemas menarik dalam bentuk storytelling cerita dongeng.
Memanfaatkan media dongeng secara maksimal untuk menanamkan pendidikan karakter bagi anak dirasa sangat cocok karena melalui cerita dongeng anak akan belajar dari karakter-karakter pada tokoh-tokoh di dalamnya. Jika digali lebih lanjut, kegiatan mendongeng rupanya juga dapat memberikan manfaat lain, seperti mengasah daya pikir dan imajinasi anak, menumbuhkan minat baca, mempercepat perkembangan bahasa, serta sebagai media hiburan.

Penulis : Annisa Ramadhani (Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya)
Dosen Pembimbing : dr. Akhmad Ismail, M.Si., Med.
Lokasi : Kelurahan Kalisegoro, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang