COVID-19 MENINGKAT MAHASISWA KKN UNIVERSITAS DIPONEGORO CIPTAKAN HAND SANITIZER ALAMI BERBAHAN DASAR LIDAH BUAYA

Pelaksanaan KKN TIM I UNDIP 2021/2022

Hand Sanitizer Alami

Pelaksanaa KKN TIM I 2021/2022

Semarang ( 06/02/2022)__Elisa Monika Nababan melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kelurahan Bangetayu Kulon Kecamatan Genuk dengan program kerja membuat hand sanitizer alami berbahan dasar liah buaya .

Hand sanitizer merupakan barang yang begitu penting dimusim pandemic sekarang ditengah marak nya Covid-19 dapat ampuh meminimalisir penularan virus. Dimana penggunaan hand sanitizer dapat mewujudkan himbauan pemerintah utuk tetap menjaga kebersihan setiap saat,karena ini dapat digunakan setiap saat sebagai pengganti sabun dan air sebagai pembersih tangan. Hand sanitizer merupakan barang pembersih tangan tanpa bilas dan ini digunakan untuk mensterikan tangan dalam pencegahan virus korona. Akan tetapi jika terlalu sering digunakan dapat menyebabkan tangan kering dan kasar karena hand sanitizer yang dijual dipasaran sering meggunakan bahan alami dan menggunakan alcohol. Oleh sebab itu diciptakan hand sanitizer berbahan dasar alami dan minimalisir alcohol.

Tanaman lidah buaya mengandung saponin, tanin, flavonoid dan polifenol yang bermanfaat sebagai zat antiseptic/ antikuman. Lidah buaya merupakan jenis tanaman hias yang keberadaannya mudah ditemukan di Desa Surjo, sehingga sangat potensial untuk dijadikan sebagai bahan dalam pembuatan hand sanitizer tanpa bilas.

Melalui Program ini diharapkan dapat mencegah penyebaran covid-19 dapat dikembangkan untuk memutuskan penyebaran Covid-19 dan